Ketahui Gejala dan Cara Mencegah Hepatitis Akut

Ilustrasi virus hepatitis - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kasus hepatitis akut misterius tengah menjadi sorotan banyak pihak. Di Indonesia dilaporkan telah mengidentifikasi 15 kasus hepatitis berat yang tidak diketahui asalnya setelah melaporkan tiga kematian di antara kelompok usia anak.

Penyakit ini juga menyerang anak-anak di Eropa, AS, dan Asia. Bahkan  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan kasus hepatitis akut tersebut sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). WHO mencatat setidaknya 228 kemungkinan kasus hepatitis akut dari 20 negara.

Melalui laman resminya,  Kementerian Kesehatan RI menjelaskan cara penularan penyakit hepatitis akut misterius ini.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi , Prof. Hanifah Oswari menyebutkan bahwa dugaan awal disebabkan oleh Adenovirus, SARS CoV-2, virus ABV dll. Virus tersebut utamanya menyerang saluran cerna dan saluran pernafasan.

Gelaja Hepatitis Akut

Gejala ringan

  • Mual
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Diare
  • Kadang disertai demam ringan

Gejala berat

  • Air kencing berwarna pekat seperti the
  • Feses berwarna putih pucat.

Jika anak mengalami gejala-gejala tersebut, orang tua diminta segera memeriksakan anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis awal.

Jangan menunggu hingga muncul gejala kuning bahkan sampai penurunan kesadaran. Karena kondisi tersebut menunjukkan bahwa infeksi Hepatitis sudah sangat berat. Jika terlambat mendapatkan penanganan medis, maka momentum dokter untuk menolong pasien sangat kecil.

"Bawalah anak-anak kita ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan pertolongan dari tenaga kesehatan. Jangan menunggu sampai gejalanya lebih berat, karena kalau berat kita kehilangan momentum untuk bisa menolong lebih cepat. Apalagi kalau sampai sudah terjadi penurunan kesadaran, maka kesempatan untuk menyelematkannya sangat kecil," kata Prof Hanifah.

Cara Mencegah Penularan

Untuk mencegah risiko infeksi, Prof Hanifah menyarankan agar orang tua meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan, diantaranya :

1.       Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Prof Hanifa menjelaskan langkah awal yang perlu diperhatikan sebagai tindak pencegahan menularnya virus tersbeut yakni dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

''Untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang, tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak kita dari orang yang sakit agar anak-anak kita tetap sehat,'' jelas Peneliti di RSCM dan FK UI , seperti yang dikutip dari laman resmi Kemenkes RI.

2.       Menerapkan protokol kesehatan

Untuk mencegah penularan Hepatitis Akut melalui saluran pernafasan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti memakai masker, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

3.       Perlu pemahaman orangtua

Upaya lainnya yang dapat dilakukan masyarakat untuk mencegah penularan Hepatitis Akut adalah pemahaman orang tua terhadap gejala awal penyakit Hepatitis Akut.