Tips Tetap Sehat Saat Mudik Lebaran

dr. Wachyudi Muchsin, Humas IDI Makassar - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kesadaran menjalani hidup sehat juga harus dilakukan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari kebiasaan makan, olahraga, dan istirahat yang cukup setiap hari, tidak terkecuali saat bulan Ramadan dan Idul Fitri.

Orang cenderung akan berlebihan saat menyantap makanan saat Idul Fitri, sehingga gaya hidup sehat yang dibangun saat bulan Ramadan langsung runtuh dalam sehari.

Beberapa penelitian menjelaskan tentang bagaimana puasa yang dilakukan secara rutin bisa mengontrol kadar gula darah sehingga menekan risiko terjadinya resistensi insulin. Karenanya hal yang penting agar tetap sehat saat lebaran yakni mengontrol pola makan.

Menurut dr. Wachyudi Muchsin, Humas IDI Kota Makassar Ramadhan sebenarnya efektif menjadikan gaya hidup sehat dan seimbang .

"Karena di bulan Suci ini, kita diajar untuk memiliki kesadaran untuk mengendalikan diri secara menyeluruh, baik dengan cara mengatur kebiasaan makan hingga mengatur emosi. Ini mengapa puasa bermanfaat langsung untuk kesehatan fisik dan mental," ujar dokter koboi panggilan akrabnya

Lanjut dokter Yudi, jangan mau hanya menikmati manfaat kesehatan ini hanya di bulan Ramadan, tapi lakukan juga secara konsisten setelahnya, nikmat sehat sebulan ramadan hancur hanya seminggu lebaran sebab makan serta minum over dosis poin penting adalah terkontrol tetaplah makan sesuai jam makan dengan makan besar tetap tiga kali yaitu sarapan, makan siang dan makan malam, serta di barengi oleh raga biar terjadi pembakaran kalori " katanya.

Lanjut dokter Yudi selain olahraga  asupan gula, garam, dan lemak harus diperhatikan dan tidak boleh berlebih. Adapun Batasan maksimal asupannya untuk gula adalah 50 gram, garam 5 gram, dan lemak 67 gram. Maka dari itu, coba untuk mengurangi agar tidak berlebihan pungkasnya