Suasana Perkemahan Hutan Pinus Rita Malompoa - (foto by; Fitri Khaerunnisa)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar –  Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melepas penat, salah satunya dengan berkemah di alam terbuka. Banyak orang yang menggadrungi tren berkemah atau camping di alam terbuka. Sebab selain kegiatan ini dapat dilakukan siapa saja baik anak- anak maupun orang dewasa, berkemah juga dapat mempererat kebersamaan.

Salah satu lokasi berkemah atau  camping yang terkenal yakni Perkemahan Hutan Pinus Rita Malompoa Bissoloro yang terletak di Kecamatan Bongaya Kabupaten Gowa.  Dari tempat ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan hamparan persawahan dan suasana Kota Makassar dari ketinggian. Pemandangan akan lebih menakjubkan pada malam hari. Kerlip lampu di Makassar terlihat jelas di lokasi tersebut.  

Tak sulit menemukan tempat ini. Jaraknya sekira 30 kilometer. Jika menggunakan kendaraan roda dua membutuhkan waktu 1 jam 30 menit. Sedangkan dengan kendaraan roda empat waktu tempuh yang dibutuhkan hampir 2 jam.

Salah satu pengunjung, Amelia Sriwangi mengaku kerap menghabiskan waktu di alam terbuka. ia pun sengaja memilih lokasi tersebut untuk berkemah karena fasilitas yang disiapkan memadai dan lokasinya yang mudah didapatkan.

“Saya memilih tempat ini karena lokasinya mudah diakses, tempat ini juga ada toiletnya, juga ada listriknya, dan free. Karena kebanyakan lokasi wisata lain itu memang ada toiletnya tapi masih berbayar," ucap Amelie kepada CELEBESMEDIA.ID, Minggu (27/3/2022).

Amile berharap,agar banyak warga yang dapat menjadikan  lokasi camping grounds sebagai pilihan untuk melapas penat.

"Semoga banyak warga Sulsel yang mengenal tempat wisata ini dan semoga banyak yang datang ke tempat ini, karena viewnya juga di sini tidak kalah keren dari Lembanna atau Malino," harap Amelia.

Fasilitas memang menjadi poin penting yang harus dimiliki sebuah kawasan perkemahan. Karena hal ini yang menjadi penilaian utama pengunjung sebelum menentukan pilihannya. Menyadari hal tersebut Kadaruddin, pengelola Hutan Pinus Rita Malompoa berencana menambahkan beberapa fasilitas di camping ground yang dikelolanya itu.

"Sekarang kami mulai merintis insyaa Allah nanti sudah lebaran (Idul Fitri) kita akan menambah fasilitas musollah, kamar mandi, dan fasilitas spot foto, termasuk bale bale. Supaya pengunjung tambah nyaman," tuturnya.

Selain hutan pinus ini, di Sulawesi selatan ada banyak lokasi camping ground lainnya yang tentunya dapat menjadi alternatif pilihan untuk merehatkan diri utamanya saat akhir pekan.

(Laporan: Fitri Khaerunnisa)