5 Tips Atur Pola Tidur Agar Terhindar Insomnia

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tidur yang berkualitas akan menunjang kondisi tubuh seseorang. Orang yang tidur teratur dan nyenyak tubuhnya akan bugar di pagi hari. Sebaliknya jika kualitas tubuh buruk, maka akan mempengaruhi kesehatan tubuh bahkan mempengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang.

Researcher & Health Educator Nutrifood Research Center Rendy Dijaya mengutip jurnal NutriClassNews Vol. 59 yang diberitaman Antara, Sabtu (4/11/2023), menjelaskan orang yang kualitas tidurnya kurang bagus akan meningakatkan risiko depresi lebih tinggi. 

"Berdasarkan Jurnal JAMA Psychiatry terdapat data yang menunjukkan bahwa pola tidur night owls terkait dengan risiko depresi hingga 2 kali lebih tinggi. Tetapi mengingat kondisi kesehatan mental juga dapat mempengaruhi pola tidur, sulit menentukan mana yang menjadi penyebab dan mana yang menjadi akibat dari kedua faktor ini," katanya. 

Ada beberapa hal menurutnya yang dapat dilakukan untuk membangun kebiasaan yang bisa memperbaiki pola tidur. 

1. Buat jadwal tidur

Langkah awal buatlah jadwal tidur dan bangun tidur yang teratur setiap hari termasuk di akhir pekan dan menghindari perbedaan waktu tidur yang mencapai lebih dari 1 jam antar hari.

2. Jangan makan banyak di malam hari

Sebaiknya hindari makan besar di dekat waktu tidur. Jika dirasa perlu, pilih kudapan ringan yang sehat.

3. Beraktivitas di luar ruangan

Memperbanyak aktivitas fisik dan sebisa mungkin meluangkan waktu di luar ruangan. Hal ini akan membuat tubuh lebih rileks di makam hari.

4. Jangan tidur saat sore

Jangan tidur siang di sore hari dan batasi waktu tidur siang maksimal 20 menit.

5. Buat ruang tidur yang nyaman

Ada baiknya agar membuat ruang tidur yang sejuk, gelap, dan tenang. Hal ini akan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Mata akan lebih mudah terpejam saat ruangan nyaman.