4 Kombinasi Makanan Sehat Untuk Menutrisi Tubuh

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Mengonsumsi makanan yang dikombinasikan dengan tepat maka akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Nutrisi pada makanan akan lebih mudah diserap tubuh. 

Ahli diet terdaftar dan spesialis dietetika olahraga Jordan Hill mengutip laman insider yang diberitakan Antara, Junat (20/10) menjelaskan ada beberapa makanan yang jika dikombinasikan akan saling membantu penyerapan nutrisinya ke tubuh.

"Ada nutrisi tertentu yang membantu penyerapan nutrisi lain, dan terkadang, ada dua nutrisi yang bekerja secara sinergis, sehingga keduanya saling membantu dalam proses yang dilalui tubuh kita sehari-hari," katanya.

Berikut ini 4 kombinasi makanan sehat untuk menutrisi tubuh

1. Tomat dan alpukat

Tomat mengandung karotenoid yang merupakan molekul larut dalam lemak dengan sifat antioksidan.

Hill menjelaskan sebenarnya selain.pada tomat karotenoid juga terdapat pada jenis buah lain yang berwarna orange misalnya pada wortel, ubi jalar , tomat, dan bayam.

Karotenoid juga yang membuat warna merah dan kuning yang kita lihat pada makanan.

“Apa pun yang berwarna oranye pasti mengandung karotenoid,” katanya

Makanan yang mengandung karotenoid.ini cocok padaukan dengan lemak sehat yajg dapat membantu tubuh menyeral zat itu misalnya dipadukan dengan alpukat.

2. Salmon dan asparagus

Lemak sehat membantu kita menyerap vitamin A, D, E, dan K, yang mendukung tubuh dalam berbagai cara mulai dari meningkatkan kesehatan tulang dan mata hingga mengurangi peradangan dan mengatur suasana hati.

Salmon salah satu makanan yang mengandung vitamin D dan E. Salmon sangat cocok dipadukan dengan asparagus yajg juga kaya akan vitamin.

3. Telur dan yogurt Yunani

Campuran telur dan yogurt Yunani kaya akan vitamin D. Meski vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari pagi namun penting untuk memastikan jika tubuh benar - benar cukup vitamin D.

Vitamin D berfungsi penyerapan kalsium dalam tubuh. Jika kita tidak mencukupi kebutuhan kalsium, hal ini dapat membahayakan jumlah kalsium yang ada dalam tubuh kita.

4. Jeruk dan kacang-kacangan

Zat besi sangatlah penting bagi tubuh untuk membantu mengantarkan oksigen ke otot melalui darah kita. 

Mengkombinasikan jeruk dan kacangan-kacangan sangat bagus untuk mempercepat penyerapan zat besi. 

Kombinasi jeruk dan kacang-kacangan sangat cocok bagi para vegetarian yang sulit mendapatkan zat besi dari produk hewani.