Musim Hujan Datang, Kemenkes Ingatkan Waspada 4 Penyakit Ini

Ilustrasi - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar Musim hujan tiba. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan menyambut musim hujan, selain perlu memperhatikan drainse sekitar rumah agar tidak banjir, penting juga memperkuat sistem imun untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang rentan menyerang saat musim hujan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada laman resminya mengingatkan 4 jenis penyakir yang rentan menyerang saat musim hujan.

1.      Influenza

Influenza merupakan penyakit yang paling sering terjadi pada musim hujan. Virus ini menyebar melalui cairan tubuh yang dapat ditularkan melalui mulut, hidung, maupun tangan yang menyentuh benda terkontaminsasi.

2.      Demam berdarah

Demam berdarah juga merupakan salah satu penyakit yang dapat terjadi pada musim hujan. Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang berkembang biak di genangan air.

3.      Diare

Diare adalah penyakit yang terjadi ketika saluran pencernaan kita terkontaminasi oleh bakteri atau virus yang dibawa oleh makanan yang kita konsumsi.

4.      Leptospirosis

Leptospirosis  adalah enyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira yang hidup di genangan air ini dapat menyebabkan demam, sakit kepala, mual, muntah dan nyeri otot. Untuk menghindari leptospirosis, jangan lupakan paparan genangan air.

Tips Mencegah Penyakit Penyerta Musim Hujan

Mencegah penyakit penyerta di musim hujan tidak hanya cukup dengan menjaga kebersihan lingkungan saja. Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan, Kamis (18/1) berikut tips mencegah penyakit penyerta  .

1.      Konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.

2.      Rutin berolahraga minimal 30 menit sehari

3.      Tidur yang cukup

4.      Terapkan perilaku hidup bersih