5 Tips Menggelar Pesta Pernikahan dengan Biaya Minim

Ilustrasi - (pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Pesta pernikahan tak selalu harus mewah. Sebagian orang justru mengingan pesta yang sedehana namun tetap berkesan bagi semua orang yang hadir dalam pesta tersebut.

Meski demikian tetap saja setiap akan menggelar pesta pernikahan seseorang tentunya harus menyiapkan anggaran. Idealnya anggaran pernikahan disipakan dua atau setahun sebelum pesta pernikahan yang direncanakan. Pasalnya meskipun berkonsep simple atau pun sederhana tiap pesta pernikahan tentu akan mengeluarkan biaya yang tak sedikit.

Berikut ini 5 tips menggelar pesta pernikahan dengan anggaran minim yang dikutip dari Kantor Berita Nasional ANTARA.

1. Batasi jumlah undangan

 Untuk calon mempelai yang memiliki anggaran sedikit disarankan menyebar undangan kepada keluarga dan kerabat terdekat saja karena dinilai lebih hemat.

Selain itu untuk tamu yang sebaya, mempelai dapat memanfaatkan media sosial untuk mengirim undangan via online.

 2. Lokasi luar ruangan dengan konsep alam

Pemilihan lokasi berkonsep alam disebut bisa menghemat biaya. Memilih konsep alam akan memerlukanbiaya  lebih sedikit daripada menyewa sebuah gedung atau menggelar pesta di hotel.

3. Pesta di hari kerja

Pilih tanggal pernikahan di hari kerja. Sore hari merupakan waktu yang paling tepat untuk menyelenggarakan sebuah acara pernikahan dengan biaya minim. Selain itu, menggelar resepsi sore bisa memangkas biaya katering karena ketika sore hari menu makanan yang disediakan akan lebih ringan dan terbatas.

 4. Souvenir buatan sendiri

Membuat souvenir sendiri atau DIY adalah satu cara yang pas untuk membuat pernikahan lebih berkesan, selain hemat. Misalnya tanaman hias yang kecil dan murah atau barang remeh seperti bolpoin sama cermin terus dipermak sendiri.

5. Riasan wajah minimalis

Riasan wajah atau makeup juga menjadi penunjang utama dalam menampilkan aura seorang pengantin. Memilih riasan yang minimalis bisa menjadi cara ampuh jika mempelai hanya mempunyai anggaran minim. Meski makeup flawless simpel hitungannya tetap mahal, tapi bakal lebih murah jika dibandingkan dengan tipe bold makeup.