Apa Itu Pneumonia Mycoplasma? Wabah yang Tiba-tiba Serang China

ilustrasi pneumonia - (foto by pixabay)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Wabah Pneumonia misterius tiba – tiba menyerah anak – anak di China. Kasus ini menyita perhatian dunia karena lonjakan pasien yang signifikan terutama di bangsal anak – anak.

ProMED melaporkan, infeksi telah menjamur di Beijing dan kota Liaoning. Belum ada angka resmi terkait jumlah kasus tersebut. Namun anak yang dilaporkan menderita pneumonia di China mencapai 7.000 per hari.

"Salah satu rumah sakit besar di kota ini melaporkan bahwa rata-rata setiap hari, mereka menerima sekitar 1.200 pasien memasuki ruang gawat darurat," menurut koresponden Al Jazeera Katrina Yu mengutip CNBC, Senin (27/11).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Kamis mengumumkan bahwa pihaknya telah meminta informasi resmi dari China mengenai kasus pneumonia tak terdiagnosis pada anak-anak. Sedangkan otoritas kesehatan China memastikan bahwa tidak ada patogen baru atau tidak biasa yang memicu kasus penyakit tersebut. Hal juga disampaikan Direktur Departemen Kesiapsiagaan dan Pencegahan Epidemi Pandemi di WHO Maria Van Kerkhove.

"Ini bukan merupakan indikasi adanya patogen baru. Hal ini sudah diperkirakan terjadi. Inilah yang ditangani sebagian besar negara satu atau dua tahun lalu," tegas Maria Van Kerkhove mengutip Reuters, Selasa (28/11). Diketahui jika wabah Pneumonia yang menyerang anak – anak di China merupakan Pneumonia Mycoplasma.

 Apa Itu Pneumonia Mycoplasma?

Melansir laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Selasa (28/11), Bakteri Mycoplasma pneumoniae umumnya menyebabkan infeksi ringan pada sistem pernapasan (bagian tubuh yang terlibat dalam pernapasan). Terkadang bakteri ini dapat menyebabkan infeksi paru-paru yang lebih serius sehingga memerlukan perawatan di rumah sakit. Kebersihan yang baik penting untuk membantu mengurangi penyebaran M. pneumoniae dan kuman pernapasan lainnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS Tersebut juga menjelaskan beberapa gejalanya yakni:

Sakit tenggorokan

Merasa lelah

Demam

Batuk yang memburuk secara perlahan dan dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan

Sakit kepala

 Anak-anak di bawah usia 5 tahun yang terkena infeksi Mycoplasma pneumoniae mungkin memiliki gejala yang berbeda dengan anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa. Sebaliknya, mereka mungkin mengalami gejala seperti flu berikut:

  • Bersin
  • Hidung tersumbat atau berair
  • Sakit tenggorokan
  • Mata berair
  • Mengi / Asma
  • Muntah
  • Diare