Rawan Sakit di Musim Pancaroba, Lakukan 5 Tips Sehat Ini

Ilustrasi - foto by freepik

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Musim pancaroba merupakan pergantian dari musim satu ke musim lainnya. Di Indonesia, musim pancaroba terjadi diantara musim hujan dan musim kemarau. 

Memasuki musim pancaroba tubuh akan rentan dengan penyakit sebab biasanya suhu udara menurun, udara menjadi lebih dingin dari biasanya. 

Selain itu saat musim pancaroba, tubuh seseorang dipaksa untuk terus beradaptasi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Akibatnya, seseorang yang sedang berada dalam kondisi imun yang kurang baik, akan mudah terserang penyakit.

Berikut ini  tips sehat selama musim pancaroba yang wajib diketahui mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan.

1. Mengkonsumsi vitamin C yang cukup

Vitamin C bermanfaat untuk menaikkan sistem kekebalan tubuh. Karena vitamin C mempunyai kemampuan melawan kerusakan akibat radikal bebas, membuang racun dan meningkatkan fungsi sel tubuh.

Tubuh bisa mendapatkan vitamin C dari sumbernya secara alami, melalui jeruk, jeruk nipis, lemon, brokoli, stroberi dan paprika merah. Mayoritas buah-buahan dan sayur-sayuran adalah sumber vitamin C dan asam askorbat yang alami. Akan tetapi perlu diketahui, sering kali kandungan vitamin C dan asam askorbat yang dikandung hancur ketika proses memasak atau mengolahya. Maka dari itu, diperlukan suplementasi guna mencukupi kebutuhan harian.

2. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang

Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi. 

Kriteria mamanan sehat dan ergizi yaitu makanan yang memiliki nilai gizi seimbang dan mengandung nilai gizi esensial tubuh seperti vitamin, mineral, karbohidrat, protein, lemak,kalsium, serat dan air. 

3. Rajin mencuci tangan 

Gunakan sabun atau hand sanitizer baik sebelum maupun setelah makan. Mencuci tangan secara teratur dapat membantu mengurangi penyebaran penyakit dan menghindari infeksi. Selain itu, mencuci tangan juga dapat membantu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

4. Menjaga kebersihan tubuh 

Rutinlah mandi 2 kali sehari. Manfaat mandi bagi kesehatan  diantaranya mengeluarkan racun, meredakan stres, mengatasi penyakit eksim dan enyembuhkan infeksi.

5. Rutin berolahraga ringan

Beraktivitas fisik misalnya olahraga minimal 30 menit setiap harinya. Hal ini memiliki banyak manfaat. Selain membantu menormalkan kadar kolesterol di dalam tubuh, membakar kalori di dalam tubuh, menyehatkan jantung. ·