6 Tips dari Kemenkes Agar Tetap Bugar di Musim Pancaroba

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Beberapa wilayah di Indonesia saat ini telah memasuki musim pancaroba atau peralihan dari  kemarau ke musim hujan.

Musim pancaroba biasanya ditandai dengan cuaca yang berubah-ubah sehingga seseorang akan lebih mudah terserang penyakit jika imunnya rendah. 

Umumnya pada musim ini masyarakat akan berhadapan dengan berbagai potensi penyakit akibat perubahan cuaca seperti diare, demam berdarah, dan ISPA.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar di musim pancaroba, mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

1. Konsumsi buah dan sayur

Konsumsilah buah dan sayur yang kaya antioksidan yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terpapar virus dan bakteri.

2. Konsumsi protein

Saat musim pancaroba direkomendasikan pula untuk mengkonsumi protein seperti daging untuk memperbaiki dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Rutin  berolahraga

Luangkan waktu untuk rutin berolahraga. Durasinya bisa 30 menit setiap hari.

Hal ini akan membuat tubuh lebih sehat dan kekebalan tubuh lebih kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

4. Kendalikan stres

Stres akut dan berkepanjangan juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Karenanya kendalikan stres dengan beraktivitas yang produktif agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

5. Istirahat cukup

Istrihat cukup akan membuat optimal fungsi imun yang dapat mencegah dari berbagai penyakit. Karenanya penting untuk memperhatikan waktu istirahat dan jangan membuat tubuh menjadi sangat lelah.

6. Minum air putih

Agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi minumlah air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Rajin minum air putih juga membantu mengeluarkan racun, dan meningkatkan energi pada tubuh.