Benarkah Tidak Boleh Makan Sebelum Salat Idul Adha? Ini Penjelasannya

Ilustrasi - foto by Dok CELEBESMEDIA.ID

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pemerintah menetapkan hari raya Idul Adha 1444 Hijriah jatuh pada Kamis besok (29/6/2023). Namun sebagian muslim mungkin masih bingung apakah sebelum melaksanakan salat Idul Adha bolehkah makan atau tidak. 

Tidak makan sebelum salat Idul Adha merupakan salah satu amalan yang dicontohkan Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam khususnya bagi yang akan berkurban.

Hal ini berdasarkan hadits yang artinya:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ‘ied pada hari Idul Fithri dan beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat ‘ied baru beliau menyantap hasil qurbannya.” (HR. Ahmad 5: 352).

Namun perlu diperjelas, tidak makan sebelum salat Idul Adha yang dimaksudkan bukanlah berpuasa, melainkan tidak makan untuk sementara waktu hingga pulang dari salat Idul Adha. Sebab melansir laman rumasyho, Rabu (28/6/2023)  puasa pada hari ‘ied -termasuk Idul Adha- adalah haram berdasarkan ijma’ (kesepakatan) para ulama kaum muslimin. 

Anjuran tidak makan sebelum salat Idul Adha ini agar daging qurban bisa segera disembelih dan dinikmati setelah shalat ‘ied. (Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 1: 602).

Apakah anjuran tidak makan ini hanya untuk yang berkurban?

Terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama apakah anjuran tidak makan ini hanya untuk yang berkurban atau bagi semua muslim yang hendak melaksanakan salat Idul Adha.

Melansir laman resmi Kementerian Agama RI, Rabu (28/6), ulama Syafiiyah, selama seseorang hendak melaksanakan shalat Idul Adha, baik dia mau berkurban atau tidak, maka dia terkena anjurna ini. Ia dianjurkan untuk tidak makan sebelum melaksanakan shalat Idul Adha, baik dia mau berkurban atau tidak. 

Sementara menurut ulama Hanafiyah dan Hanabilah, anjuran tidak makan atau imsak di hari Idul Adha berkaitan dengan kurban, bukan pelaksanaan shalat Idul Adha.

Oleh karena itu, jika seseorang tidak akan berkurban, maka ia tidak terkena anjuran ini meskipun ia hendak melaksanakan shalat Idul Adha. Sebaliknya, jika seseorang hendak ia berkurban, maka dianjurkan untuk tidak makan terlebih dulu sebelum melaksanakan shalat Idul Adha.