4 Peristiwa Penting dalam Islam yang Terjadi di Hari Jumat

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kata Jumat berasal dari bahasa Arab “Jum'ah” yang berarti berkumpul. Umat muslim akan menghentikan sejenak aktivitas dan bermunajat kepada Allah Subhananu wata'ala. 

Terlebih untuk muslim laki-laki yang telah baligh diwajibkan untuk melaksanakn Salat Jumat di masjid secara berjamaah atau bersama-sama. 

Bagi umat muslim Jumat merupakan hari yang istimewah. Ada beberapa peristiwa penting dalam Islam yang terjadi di hari Jumat.

1. Allah menciptakan dan mewafatkan Nabi Adam ‘alaihissallam

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:

“Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintannya.” (HR. Muslim)

2. Hari penyempurnaan ajaran agama Islam

Hari Jumat adalah hari penyempurna ajaran Islam. Hal ini termaktub dalam Surat Al Maidah ayat 3 dan sebagai ayat terakhir yang diturunkan sebelum Rasullullah Shallallahu alaihi wasallam wafat.

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman: “Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al Maidah :3).

3. Pada hari Jumat seluruh mahluk diciptakan  

Imam Ibnu kasir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa “dan pada hari itulah semua mahluk menjadi sempurna yaitu hari ke enam dimana Allah menciptakan langit dan bumi didalamnya. Hari ke enam adalah hari Jumat, karena kalender islam memulai menghitung hari dari hari Minggu, bukan dari hari Senin seperti kalender masehi."

4. Hari diciptakannya langit, bumi, neraka dan surga menjadi sempurna

Rasullullah SAW bersabda: “dalam tujuh hari, ada satu hari yang Allah memilihnya dari hari-hari keseluruhanya. Pada hari Jumat Allah menciptakan langit dan bumi, dihari itu juga Allah menyelesaikan ciptaanya, dan dihari itu juga Allah menciptakan surga dan neraka.” (HR. Abu Syaikh)