8 Rekomendasi Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

Drlapan film Indonesia terlaris - (foto by Antara)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Perfilman Indonesia ternyata tak kalah suksesnya dengan perfilman dunia.

Beberapa film Indonesia bahkan pernah mendapatkan pengahrgaan bertaraf internasional. Diantaranya film “Sri Asih” berhasil meraih penghargaan Next Wave Features di festival film Fantastic Fest 2023 yang berlangsung pada 21-28 September di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Film lainnya adalah Marlina: Si Pembunuh dalam Empat Babak telah ditampilkan di beberapa festival film internasional, salah satunya adalah Cannes Film Festival. Film ini juga memenangkan penghargaan Grand Prize di Tokyo FilmEX International Film Festival di tahun 2017.

Dari sederet film tersebut, ada juga yang berhasih menggaet jutaan penenton. Nah berikut ini 8 film Indonesia terlaris sepanjang masa menurut perhitungan jumlah penonton versi cinepoint per tanggal 5 Maret 2024.

1. KKN di Desa Penari


KKN di Desa Penari merupakan film bergenre horor yang dirilis tahun 2022. Film ini telah ditonton 10.061.033 penonton yang menempatkannya sebagai film Indonesia terlaris.

KKN di Desa Penari menceritakan kejadian horor yang menimpa 6 mahasiswa KKN di desa terpencil hingga merenggut maut satu persatu.

2. Agak Laen


Film Agak Laen baru saja dirilis di tahun 2024 ini. Meski terbilang baru, namun Agak Laen menempati film terlaris dengan jumlah penonton sebanyak 8.205.798.

Agak Laen mengisahkan empat orang penjaga yang ditempatkan di sebuah rumah hantu. Film ini sukses membuat penonton merasakan suasana horor dengan bumbu komedi. 

3. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos


Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos menceritakan Dono, Kasino, dan Indro akan berkutat pada kesialan mereka sebagai pegawai baru petugas keamanan di organisasi Cara Hebat Ikut-Ikutan Pelayanan Sosial (CHIIPS).

Akibat kecerobohan yang mereka lakukan, Ence Bagus yang berperan sebagai boss mereka menuntut ganti rugi sebesar Rp8 miliar.

Film bergenre komedi ini telah ditonton 6.858.616 yang menempatkannya di posisi ketiga film terlaris.

4. Pengabdi Setan 2


Film Pengabdi Setan 2 mengisahkan menceritakan tentang babak baru kehidupan keluarga Bapak (Bront Palarae) dengan tiga anaknya yaitu, Rini (Tara Basro), Toni (Endy Arfian), dan Bondi (Nasar Anuz) setelah kematian Ibu (Ayu Laksmi).

Mereka tinggal di rumah susun yang mereka rasa aman. Namun siapa sangka Kejanggalan pun mulai terasa di suatu malam yang berlatar hujan badai selepas kematian banyak penghuni rumah susun akibat suatu kecelakaan.

Film bergenre horor ini dirilis tahun 2022 dan telah ditonton 6.391.982.

5. Dilan 1990


Film Dilan 1990 menjadi film terlaris urutan ke-5 dan telah ditonton 6.315.664. 

Film yang rilis tahun 2018 ini mengisahkan romansa Dilan dan Milea yang diangkat dari sebuah novel best seller karya Pidi Baiq dengan judul "Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990".

Film Dilan 1990 bercerita tentang pertemuan yang dialami oleh dua remaja yang masih sekolah di SMA. Dilan merupakan seorang ketua geng motor. Sedangkan Milea gadis cantik dan merupakan murid pindahan.

6. Miracle in Cell No.7


Miracle in Cell No.7 Indonesia dirilis tahun 2022, merupakan film remake dari Korea Selatan, dengan judul yang sama.

Miracle In Cell No.7 menceritakan tentang Dodo Rozak (Vino G. Bastian) seorang ayah yang memiliki keterbatasan dalam hal kecerdasan yang membuatnya bertingkah dan berperilaku seperti anak-anak, ia berusaha menjadi ayah yang baik untuk putrinya Kartika (Graciella Abigail dan Mawar de Jongh).

Suatu hari peristiwa terjadi membuat ia terpisah dari Dodo. Dodo ditangkap dengan tuduhan pemerkosaan dan pembunuhan seorang seorang gadis kecil bernama Melati, Dodo dengan keterbatasannya alami kesulitan menjelaskan yang sebenarnya.

Film ini telah ditonton 5.852.916 dan menjadi film Indonesia terlaris diurutan ke-6. 

7. Dilan 1991


Kisah di Dilan 1991 masih berkutat dengan cerita asmara Dilan dan Milea. Setelah resmi berpacaran, hubungan Dilan dan Milea semakin terjalin manis.

Namun, ada sebuah masalah yang membuat Dilan dan Milea berkonflik.

Penyebabnya adalah Dilan yang seorang anggota geng motor dan Milea yang selalu khawatir dengan keselamatan kekasihnya.

Film Dilan 1991 yang dirilis tahun menempati 2019 dan telah ditonton 5.253.411.

8. Sewu Dino


Film Sewu Dino tercatat sebagai film Indonesia terlaris kedelapan dengan jumlah penonton 4.891.609. 

Sewu Dino mengisahkan Sri yang sedang membutuhkan uang banyak. Ia pun mendapat tawaran bekerja di keluarga Atmojo dengan bayaran yang fantastis.

Tak sendiri, Sri ditemani oleh Erna dan Dini. Mereka bertiga dikirim ke sebuah gubuk di tengah hutan. Di sana ada Dela Atmojo, cucu dari Mbah Karsa Atmojo.

Dela mengalami gangguan misterius. Ia diceritakan tak sadarkan diri, karena terkena santet sewu dino dari Sabdo Kuncoro.