Waketum Hipmi Sulsel: Hadapi Tantangan Kebangsaan, Pemuda Harus Ubah Kebiasaan

Wakil Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sulsel, Arianto Burhan / foto: Humas Unibos

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Persatuan Mahasiswa Kristen Oikumene (PMKO) Universitas Bosowa (Unibos) menggelar seminar kepemudaan di Auditorium Aksa Mahmud Unibos, Jumat (21/12/2018).

Kegiatan yang bertajuk “Peran Pemuda Dalam Menghadapi Tantangan Kebangsaan” ini menghadirkan Arianto Burhan Makka sebagai pembicara. Arianto adalah Wakil Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sulsel.

Dalam kegiatan tersebut dibahas mengenai bagaimana seharusnya pemuda zaman sekarang untuk empersiapkan dirinya menghadapi tantangan kebangsaan terutama di era Revolusi Industri 4.0

“Tantangan saat ini sebenarnya berada dalam dunia kerja. Yang mana bukan lagi mengenai seberapa banyak TKI ataupun teknologi, melainkan merupakan tantangan mental bagi para pemuda,” kata Arianto.

“Karena kedepannya akan semakin banyak bangsa asing yang akan masuk ke Indonesia. Dan pemuda Indonesia harus bersiap diri untuk lebih berkualitas dan melihat peluang bersaing dengan mereka dari luar,” katanya.

Arianto menjabarkan, untuk menjadi seorang pengusaha, pemuda harus mengubah karakter seperti seorang pengusaha. Bergaul banyak dengan para pengusaha dan mengubah kebiasaan, yang burung ditinggalkan dan membiasakan pola hidup layaknya pengusaha.(*)