Sejarah Pembuatan Alquran Raksasa di Masjid Raya Makassar

Alquran Akbar di Masjid Raya Makassar - (foto by int)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Jika Anda ingin berwisata religi di hari libur ini, tak salah kiranya bila Anda berkunjung ke Masjid Raya Makassar. Di masjid yang terletak di tengah Kota Makassar ini, Anda bisa menyaksikan sebuah Al Qur'an berukuran raksasa. Al Qur'an berukuran besar ini diberi nama Al Qur'an Akbar. Ukurannya 1 X 1,5 meter dengan berat timbangan yang mencapai 584 kg.

Kepada tim liputan CELEBESMEDIA.ID yang menemuinya di kediamannya, Imam Masjid  Raya Makassar, Muhammad Syahril menuturkan, Al Qur'an tersebut ditulis Langsung oleh Pembina Yayasan Al As' ariyah Kalibeber, Wonosobo Jawa Tengah, K.H. Ahmad Faqih Muntaha, dibantu dengan dua orang anggotanya. “Ada dua syarat yang harus dipenuhi penulis untuk menulis Al Qur'an Akbar ini. Pertama, penulis harus berwudhu dan melakukan puasa dalil selain hari tasyrik agar terhindar dari gangguan syaitan berupa kemalasan dan kejemuan dalam penulisannya,” terangnya, Kamis (7/3/2019). Al Qur'an Raksasa ini dibuat pertama kali pada 5 Juli 1994. Pembuatannya cukup lama, memakan waktu 12 hingga 17 bulan.

Menurut Muhammad Syahril, tulisan Al Qur'an Akbar menggunakan tinta khusus yang terbuat dari tinta bak cina dan cairan lainnya semisal air teh yang kental. Sedangkan tempat penyimpanannya terbuat dari kayu jati pilihan yang telah dikeringkan selama 7 bulan agar mampu bertahan ratusan tahun Lamanya.

"Al Qur'an sejenis hanya ada di enam tempat yakni di Museum Al Qur'an Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Istana Negara, DKI Jakarta atas permintaan Sutiyoso mantan gubernur DKI Jakarta, Jawa Tengah pesanan Mardiyanto, mantan Gubernur Jateng, Brunai Darussalam pesanan Sultan Hasanal Bolkiah dan Masjid Raya Makassar pesanan Bapak Aksa Mahmud," Imam Masjid  Raya Makassar.