Fisik Pemain Timnas U-20 Digembleng Pelatih Marinir AS

Fisik Pemain Timnas U-20 Digembleng Pelatih Marinir AS - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Timnas U-20 Indonesia melakoni latihan di Empire Fit Club, komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Tentu ini salah satu variasi latihan yang diberikan oleh pelatih Indra Sjafri.

Seperti diketahui, Garuda Nusantara dipersiapkan untuk mengikuti Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala Asia U-20 2024 dan diharapkan lolos ke Piala Dunia U-20 2025.

"Hari ini dari periodesasi latihan yang kami siapkan. Kami sebenarnya sudah dari beberapa hari atau mungkin bulan lalu, kami ingin untuk penanganan gym tidak masuk ke gym konvensional seperti biasa, tapi kepada sport performance yang lebih spesifik," kata Indra Sjafri.

"Kami sepakat dengan Empire untuk membantu pelatih fisik kami, berkoordinasi untuk meningkatkan performa anak anak. Trainer juga membawa metode kepelatihan marinir untuk latihan atlet sepak bola dan olahraga lain," ujarnya menambahkan.

Para pemain diberi sejumlah materi latihan, mulai dari Inverted Rows, Banded Plyo Push Up, dan Circuit Style yang meliputi Ski-Erg , Cals Bike, Rope Slam, serta Prowler Push.

Pelatih marinir asal Amerika Serikat Elbertino Tiwa selaku trainer mengatakan materi itu diberikan supaya para pemain lebih siap saat di lapangan. Elber memberikan contoh bahwa setiap pemain harus siap saat sprint, kemudian saat adu fisik. Ia menyebut ini sebagai latihan strenght dan conditioning.

"Jadi hari ini introduction latihan, second training fokusnya performance untuk atlet, untuk mempersiapkan mereka latihan di lapangan. Sebagai pemain bola mereka harus siap sprint, mesti siap sikut sikutan jadi kami memberikan latihan fungsional," kata Elber.