Dapat Rekomendasi BOPI, PT LIB Siap Gelar Liga 1 2020

Penyerahan rekomendasi BOPI ke PT LIB - (foto by Liga-indonesia.id)

CELEBESMEDIA.ID, MakassarJelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2020, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) memberikan rekomendasinya kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Penyerahan rekomendasi itu dilakukan di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jumat (21/2/2020). Penyerahan rekomendasi dilakukan secara langsung oleh Ketua Umum BOPI, Richard Sam Bera kepada Direktur Utama LIB, Cucu Somantri.

“Kepada PT LIB sebagai pengelola Liga 1 2020, kami berharap lebih profesional dan muncul aspek finansial yang menguntungkan buat semuanya,” jelas Richard Sam Bera dilansir CELEBESMEDIA.ID dari laman resmi BOPI-Berikan-Rekomendasi" target="_blank">Liga Indonesia.

Seperti diketahui, pada tiga pekan yang lalu, PT LIB telah melakukan audiensi dengan BOPI. Setelah itu, PT LIB memberikan semua dokumentasi verifikasi klub peserta Liga 1 2020 kepada BOPI. Di antaranya dokumentasi yang berkaitan dengan verifikasi badan hukum, pajak, hingga pada kontrak pemain dan pelatih asing.

“Semua dokumen sudah kami terima. Termasuk dokumen dari tiga tim promosi. Kami melakukannya berdasarkan hukum negara. Sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” tambah Richard.

Cucu Somantri menyebut, pihaknya akan menunjukkan komitmen yang tinggi atas turunnya rekomendasi dari BOPI.

“Kami akan bersikap profesional dan berkomitmen atas penyelenggaraan Liga 1 2020. Rekomendasi ini merupakan langkah sinergis antara pemerintah dan kami. Sebelumnya kami juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian. Semua kami lakukan agar kompetisi bisa berjalan lebih semarak dan berkualitas,” jelas Cucu.

Sementara itu, general manajer Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), Ponaryo Astaman mendukung penuh turunnya rekomendasi dari BOPI.

“Kami siap mendukung dan semoga tidak ada persoalan yang signifikan di tengah kompetisi,” ujar Ponaryo.

Kompetisi kasta tertinggi Indonesia musim ini akan dimulai pada 29 Februari 2020 mendatang. Laga antara Persebaya Surabaya vs Persik Kediri akan menjadi laga pembuka Liga 1 2020.