Lini Belakang Indonesia Jadi Masalah Jelang Piala Asia U-23 2024

Shin Tae-yong - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong (STY) tak puas dengan hasil uji coba yang harus takluk dari Arab Saudi U-23 dengan skor 1-3.

Dalam laga uji coba jelang Piala Asia U-23 yang berlangsung di The Sevens Stadium, Dubai, Jumat (5/4) malam waktu setempat, Garuda Muda hanya mampu menyarangkan satu gol lewat Komang Teguh (32’) usai tertinggal sejak menit ke-18.

"Pastinya tidak puas ya (dengan hasil akhir). Tapi pertandingan ini mencoba melakukan pergantian pemain, hampir semua dimainkan di babak pertama dan kedua untuk mengecek kondisi para pemain, dan secara isi pertandingan tidak terlalu jelek," kata STY, Sabtu (6/4).

Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengungkapkan dalam laga kali ini ia masih fokus untuk memberikan jam terbang kepada semua pemain untuk mengecek kesiapan kondisi fisik.

Namun STY mempunyai evaluasi penting terutama di lini belakang yang kurang tampil maksimal, karena sejumlah pemain di lini belakang absen.

"Memang hanya cek kondisi para pemain saja, apalagi ada pergantian semua pemain. Memang ada masalah di lini belakang karena ada beberapa pemain yang tidak bisa bergabung juga, jadi itu yang sedang dipikirkan bagaimana antisipasi lini belakang," ujar STY.

Selanjutnya Dzaky Asraf dan kawan-kawan dijadwalkan akan melakoni partai uji coba menghadapi Uni Emirat Arab pada 8 April mendatang. Uji coba terakhir tersebut, STY bakal menurunkan komposisi pemain inti untuk menerapkan strategi dan antisipasi permainan calon lawan di Piala Asia U-23.

"Untuk uji coba berikutnya lawan Uni Emirat Arab, akan dimainkan untuk pemain inti dulu, untuk mengantisipasi permainan lawan Qatar nanti tanggal 15 (April). Pastinya tim inti akan dimainkan lebih banyak. Selain tim inti, akan ada kesempatan lagi bagi pemain lain," kata STY.