Hadapi PSM, Persebaya Tanpa Gelandang Andalan

Marselino Ferdinan - (foto by @officialpersebaya/instagram)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Persebaya Surabaya bakal kehilangan satu pemain andalannya saat menghadapi PSM Makassar pada pekan ke-9 Liga 1 2022/23.

Duel klasik PSM vs Persebaya itu akan digelar di Stadion BJ Habibie, Parepare, Sabtu (10/9) malam.

Persebaya dipastikan tanpa gelandangnya, Marselino Ferdinan yang dipanggil bergabung ke Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Kehilangan Marselino membuat pelatih Persebaya, Aji Santoso mencari cara terbaik untuk menyiapkan tim. Dia tidak menampik akan ada perubahan formasi untuk mengakomodir ketersediaan pemain tanpa Marselino.

Pemain berusia 18 tahun ini kerap dimainkan di posisi gelandang serang dalam formasi 4-2-3-1. Tanpa Marselino, Persebaya sebenarnya masih punya beberapa pemain lain yang memiliki posisi natural di posisi tersebut.

"Kami masih punya beberapa pemain yang bisa saja menggantikan Marselino. Masih ada Brayen dan Rumere. Tapi saya bahkan bisa saja memakai formasi yang berbeda, bukan menggunakan 4-2-3-1, tapi kita lihat kondisinya," ujarnya.

Oleh sebab itu, Aji Santoso memberikan porsi latihan taktikal jelang keberangkatan tim ke Parepare. Porsi latihan ini pun terbilang tidak biasa karena intensitas diatur cukup tinggi.

Harapannya dari latihan taktikal dengan intensitas tinggi itu adalah pemain cepat memahami keinginannya saat laga melawan PSM. Dengan demikian, persiapan teknis melawan PSM akan semakin matang.

"Latihan terakhir kami untuk menghadapi PSM adalah latihan taktikal. Latihannya tadi intensitasnya cukup tinggi supaya tersampaikan pemahaman taktiknya. Jadi pemain wajib tahu apa yang saya inginkan di pertandingan," katanya.

Sumber: LIB