Pratama Arhan Beri Penampilan Terbaik di Piala Asia 2023

Pratama Arhan (12) - (foto by PSSI)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan, bersyukur menjadi salah satu pemain yang selalu diandalkan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Arhan bertekad menjawab kepercayaan dari Shin dengan penampilan terbaik di Piala Asia 2023 Qatar yang berlangsung mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Berdasarkan catatan, Arhan menjadi pemain dengan caps terbanyak di skuad Timnas Indonesia saat ini. Arhan mencatatkan 38 penampilan, unggul dari Witan Sulaeman (37), Asnawi Mangkualam Bahar (36), Ricky Kambuaya (34) dan Rizky Ridho (29).

"Alhamdulillah, coach Shin (Tae-yong) kasih kepercayaan ke saya, jadi saya harus bisa kasih yang terbaik juga untuk Timnas Indonesia. Saya harus lebih kerja keras untuk kasih hasil terbaik untuk Indonesia," kata Arhan, Jumat (12/1).

Arhan mengatakan dirinya sudah sangat siap tampil di Piala Asia 2023. Timnas Indonesia akan melakoni laga pertama di Grup D melawan timnas Irak pada Senin (15/1).

Setelah itu, Skuad Garuda menjamu Vietnam di laga kedua, Jumat (19/1). Dan terakhir menantang salah satu kandidat juara, Jepang pada 24 Januari.

"Persiapan saya pribadi sangat baik, terus kondisi saya juga sangat baik sekarang. Saya juga akan ikuti instruksi dari coach Shin Tae-yong," tutur eks pemain Tokyo Verdy tersebut.

Arhan mengakui saat masa persiapan, ada beberapa kendala yang harus dihadapi. Timnas Indonesia sempat melakukan pemusatan latihan di Turki pada 21 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024.

Skuad Garuda juga menjalani tiga kali uji coba dengan hasil selalu kalah. Tim Merah-Putih dua kali dikalahkan timnas Libya dengan skor 0-4 dan 1-2, serta dibantai 0-5 oleh timnas Iran.

"Kami melakukan persiapan untuk Piala Asia juga dengan sangat baik, semoga di pertandingan nanti kami bisa menghasilkan yang terbaik. Lalu, kendala pasti ada. Jadi kita perbaiki satu per satu kendala itu," tutur pemain asal Blora, Jawa Tengah, tersebut.