Meksiko Gagalkan Indonesia ke 16 Besar Piala Dunia U-17

Meksiko menang 4-0 atas Selandia Baru di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/11) - (foto by ANTARA)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Timnas U-17 Indonesia gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Kepastian itu didapat usai Meksiko menang telak 4-0 atas Selandia Baru pada laga terakhir Grup F di Stadion Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/11).

Pencapaian Meksiko tersebut membuat Timnas U-17 Indonesia harus menerima kenyataan pahit gagal lolos ke babak 16 besar.

Skuad asuhan Bima Sakti tersebut tersingkir karena terlempar dari empat besar klasemen peringkat ketiga terbaik.

Hasil itu sekaligus mendongkrak Meksiko naik ke posisi kedua di klasemen akhir Grup F, dengan koleksi empat poin. Koleksi poin itu sama dengan yang dimiliki Venezuela, namun Meksiko unggul selisih gol.

Sedangkan Selandia Baru mengakhiri perjalanannya di Piala Dunia U-17 2023 dengan nol poin, dan catatan memasukkan satu gol serta kemasukan sembilan gol.

Kemenangan 4-0  tim berjuluk El Tri itu sekaligus memastikan Meksiko lolos ke 16 besar sebagai tim peringkat kedua, sedangkan Venezuela melaju ke fase gugur dengan status tim peringkat ketiga terbaik posisi keempat, menggeser Indonesia.

Pada babak 16 besar, Meksiko akan bertemu Timnas U-17 Mali. Laga Mali vs Meksiko dijadwalkan pada Selasa (21/11) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Diberitakan sebelumnya, meski duduk di peringkat ketika Grup A, peluang Garuda Muda lolos ke 16 besar masih ada.

Namun situasinya harus ditentukan dua pertandingan di grup lain. Yakni laga Korea Selatan vs Burkina Faso di Grup E dan Meksiko vs Selandia Baru di Grup F.

Jika Korea Selatan bermain imbang dengan Burkina Faso dan Meksiko juga seri melawan Selandia Baru, dua tim dari grup lain itu tidak bisa menggeser posisi Indonesia di klasemen tim peringkat ketiga.