Home > PSM

CEFILA akan Ikutkan Pemain dalam Talent Scouting PSM Makassar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Akademi sepakbola Celebes Filanesia Football Academy (CEFILA) akan mengikutsertakan beberapa anak binaannya dalam ajang talent scouting yang digelar PSM Makassar.

"Kami juga akan mengikutkan tiga atau empat orang anak-anak binaan kami di CEFILA dalam ajang talent scouting yang akan digelar PSM," kata Arif Rijal, Direktur CEFILA, Rabu (24/4/2024) di Makassar.

Sebagaimana dikutip dari akun istagram @akademipsmmakassar, PSM Makasaar akan menggelar talent scouting untuk anak-anak usia 16, 18 dan 20 tahun di beberapa kota/kabupaten di Sulawesi Selatan. Tahap pertama digelar di Luwu Timur, Luwu, Parepare, Bulukumba, dan Bone.

Di Luwu Timur alan digelar tanggal 3-5 Mei untuk di lap Desa Laro, Lambara Harapan, Kecamatan Burau. Tanggal 7-9 Mei untuk Luwu di Lap Andi Jemma Belopa,. Tanggal 10-12 Mei di Parepare menggunakan Lapangan Andi Makkasau. Tanggal 14-16 di Bulukumba, Lapangan Bira, dan tanghal 17-19 di Bone menggunakan Lapangan Stadion Lapatau.

"Nanti tahap berikutnya, kalau digelar juga di Makassar, manajemen izinkan kami untuk mengikutkan anak-anak kami. Ada beberapa yang masuk kelompok umur itu karena kami saat ini memang telah membina anak usia 13, 15 dan 17 tahun," kata Kepala Akademi CEFILA, Hamka Haya.

Hamka menambahkan, niat mengikutsertakan anak-anak dalam talent scouting itu sebagai upaya menguji hasi pelatihan yang telah dicapai selama ini. CEFILA ini baru berjalan efektif sejak Desember 2023.

Menurut Arif Rijal anak-anak yang akan diikutkan dalam agenda talent scouting  PSM sudah mulai diberikan jadwal dan pelatihan khusus sesuai kebutuhan kelompok usia yang akan diikutinya pada seleksi nanti.

Pemantauan bakat yang digelar PSM diperuntukkan bagi anak kelompok usia 16, 18 dan 20 tahun.

Untuk ikut seleksi, anak-anak CEFILA akan digembleng khusus oleh tim pelatih berlisensi, yang dipimpin Pelatih Kepala Akdemi Faturrahman, yang juga mantan pemain PSM.

Saat ini ada 30-an anak usia 13 sampai 17 tahun yang dibina secara intensif di CEFILA. Mereka latihan tiga kali seminggu dan uji coba dengan tim akademi atau sekolah sepak bola (SSB) lain sebulan sekali.

Kecuali itu, CEFILA sendiri juga akan melakukan perekrutan peserta baru untuk dibina di akademi dengan dua kategori, yakni boarding dan reguler (non-boarding).

Untuk kategori boarding (diasramakan) khusus untuk anak-anak usia 15 tahun, terutama bagi mereka yang berdomisili di luar Makassar. Sementara untuk kelompok reguler (non-boarding) terbuka bagi anak-anak usia 13, 15, dan 17 tahun.

CEFILA merupakan salah satu core business Celebes Filanesia yang merupakan kolaborasi dua entitas olahraga, yakni Celebes Sport dan Filanesia Manajemen.

Selain akademi yang mengkhususkan pada pembinaan atlet sepakbola usia dini, juga ada Celebes Filanesia Sport Management yang khusus menggelar event-evant olahraha, khususnya sepakbola.