Home > PSM

Ulang Sejarah 61 Tahun Silam, PSM Lawan Persija di GBK Awali Musim Kompetisi

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Laga El Clasico antara Persija Jakarta vs PSM Makassar dijadwalkan menjadi laga pembuka Liga 1 2023/24 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada awal Juli mendatang.

Pertandingan tersebut untuk memperingati sejarah pembukaan atau peresmian SUGBK yang dulu bernama Stadion Utama Senayan. 

Sekaligus juga mengulang jejak sejarah 61 tahun silam, dimana Persija Jakarta melawan PSM Makassar dalam pertandingan persahabatan dalam rangka peresmian stadion terbesar di Asia kala itu.

Nah atas dasar itu, PT Liga Indonesia Baru berinisiatif mempertemukan dan mengulang kembali sejarah dua klub tua Indonesia itu. 

Stadion Utama Senayan yang disiapkan untuk Asian Games diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 21 Juli 1962.

Sehari setelah peresmian itu atau 22 Juli 1962, Stadion Senayan menggelar laga persahabatan yang mempertemukan dua tim kuat era perserikatan saat itu, Persija vs PSM.

Persija waktu itu sebagai perwakilan tuan rumah, sedangkan PSM kala itu berstatus sebagai juara bertahan kompetisi PSSI Perserikatan.

Laga ini melahirkan sosok Frans Jo, striker PSM Makassar, sebagai pencetak gol pertama di Stadion Senayan (SUGBK).

Pertandingan Persija vs PSM yang dihadiri 80 ribu penonton ini berakhir imbang dengan skor 3-3.

Gol-gol PSM dicetak oleh Frans Jo, Idris, dan Solong. Sementara gol Persija dibukukan Suranto dua gol dan Sutjipto, yang populer dengan julukan Gareng.

PSM dan Persija menjadi tim teratas di Liga 1 2022/23. Laga kedua tim ini pun akan menjadi pembuka musim 2023/24.

Pasukan Ramang di urutan pertama dan keluar sebagai juara dengan 75 poin, sedangkan Macan Kemayoran di peringkat kedua dengan poin 66.

Persija dan PSM bertemu dua kali pada Liga 1 2022/23. Pada pekan ke-3, skuad asuhan Bernardo Tavares menahan imbang 1-1 di Stadion Gelora BJ Habibie (GBH), Parepare, Jumat (5/8/2022).

Sedangkan Persija mengalahkan PSM 4-2 pada putaran kedua atau pekan ke-20 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (25/1/2023).