Home > PSM

Kaleidoskop PSM 2022: Terancam Degradasi hingga Kans Juara Paruh Musim

Pemain PSM Makassar - (Dok MO PSM)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Catatan buruk dan rekor apik mewarnai perjalanan PSM Makassar di tahun 2022. Klub tertua di Indonesia tersebut sempat terancam degradasi hingga berpeluang besar juara paruh musim.

Pasukan Ramang memulai tahun 2022 dengan persiapan yang cukup matang untuk menghadapi putaran kedua Liga 1 2021/22.

PSM memulai tahun 2022 dengan memperkenalkan sepuluh pemain baru di Hotel Aryaduta pada 4 Januari 2022. Mereka diperkenalkan langsung oleh CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin yang saat itu masih menjabat.

Rekrutan baru PSM kala itu antara lain Aditya Putra Dewa, Julyano Pratama, Manda Cingi, Marinus Wanemar, Delvin Rumbino, Dallen Doke, Utam Rusdiana, Ganjar Mukti, Ferdinand Sinaga dan Muhammad Rafli Asrul yang saat itu dipromosikan ke tim utama dari Akademi PSM.

Skuad PSM saat itu didominasi oleh pemain lokal yang sebagian merupakan putra daerah. Manajemen menargetkan rekrutan baru tersebut bisa membawa PSM menjadi lebih baik.

Persiapan matang pun dilakukan Pasukan Ramang dengan mengandalkan skuad yang ada. Mereka juga menunjuk pelatih baru asal Belanda, Joop Gall untuk menahkodai tim mengarungi kompetisi musim 2021 putaran kedua. Joop Gall menggantikan peran Milomir Seslija yang dipecat.

Di tengah persaingan Liga 1, PSM mendapat berbagai persoalan seperti performa tim yang menurun meski telah diperkuat beberapa pemain asing yang memiliki rekam jejak mumpuni seperti Golgol Mebrahtu.

Penampilan PSM yang tak kunjung membaik dan kesulitan untuk menang membuat suporter bersuara. Saking buruknya, Pasukan Ramang terpuruk di papan bawah klasemen.

Berbagai evaluasi pun dilakukan untuk mengembalikan performa tim, namun belum cukup untuk memperbaiki posisi mereka di klasemen. Bahkan PSM masuk dalam bayang-bayang degradasi.

Tim Juku Eja harus berjuang keras untuk keluar dari zona merah hingga dua pekan terakhir kompetisi Liga 1 2021. Suporter bahkan sudah khawatir jika PSM akan turun kasta ke Liga 2 jika gagal menang di dua laga terakhir.

PSM baru dipastikan aman dari zona degradasi usai meraih kemenangan dari Persiraja Banda Aceh pada pekan ke-33 di Stadion Kompyang Sujana, Bali, Jumat 25 Maret 2022. Seluruh pecinta PSM akhirnya bernafas lega usai tim kebanggaan mereka lepas dari jeratan zona merah.

CEO PSM, Munafri Arifuddin mengatakan perjuangan PSM di Liga 1 2021 adalah yang terberat sepanjang memimpin Pasukan Ramang. Appi menyampaikan terimakasih kepada seluruh suporter dan semua pihak yang telah mendukung dan ikut mendoakan PSM, hingga berhasil lepas dari zona degradasi.

Setelah kompetisi musim 2021 selesai, manajemen PSM Makassar berjanji untuk bangkit dan membentuk skuad yang lebih solid. Perombakan tim pun dilakukan termasuk mengganti pelatih kepala, asisten pelatih dan banyak pemain.

PSM kemudian memperkenalkan pelatih berkebangsaan Portugal, Bernardo Tavares untuk memimpin tim di Liga 1 2022/2023. Pelatih berusia 42 tahun itu diperkenalkan pada 11 April 2022.

Tavares membawa pemain asing pilihannya ke Indonesia, termasuk satu asisten pelatih. Pemain asing yang dibawa adalah Yuran Fernandes, Everton Nascimento dan Kenzo Nambu. Sementara Paulo Renato sebagai asisten pelatih yang menangani fisik Tim Juku Eja.

Di bawah asuhan pelatih Bernardo Tavares, PSM menjelma sebagai tim kuat yang sulit dikalahkan. PSM tampil konsisten khususnya saat bermain di kandang, disaksikan puluhan ribu suporternya.

Pada Liga 1 2022/23, PSM menjadikan Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare sebagai homebase. Pasalnya hingga kini Stadion Mattoanging yang menjadi kandang PSM sejak dulu belum dibangun setelah dibongkar pada Oktober 2020.

PSM Makassar menjadi satu-satunya tim yang tak terkalahkan setidaknya hingga Liga 1 dihentikan karena tragedi Stadion Kanjuruhan pada awal Oktober lalu. Tavares menjadikan PSM sebagai tim solid dengan menerapkan strategi high pressing.

Rekor tak terkalahkan PSM bertahan hingga 13 laga beruntun. Catatan apik itu dihentikan Madura United saat mengalahkan PSM 1-0 pada pekan ke-15 musim ini di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/12) malam.

Dalam menerapkan strateginya, Tavares memadukan pemain muda dan senior yang berpengalaman. Terbukti, terobosannya tersebut berjalan lancar sejauh musim ini.

Para pemain muda PSM diberi banyak kesempatan untuk tampil dan menghidupkan persaingan di dalam tim. Beberapa pemain muda dari Akademi PSM yang dipromosikan ke tim senior seperti Dzaky Asraf, Ricky Pratama, Edgard Amping, Rafli Asrul, Ibnul Mubarak, Ananda Raehan, dan Victor Dethan.

Konsistensi yang ditunjukkan PSM Makassar membawa mereka berpeluang besar menjuarai paruh musim Liga 1. Pasukan Ramang memimpin klasemen dengan 33 poin hasil dari 9 kemenangan, 6 kali imbang dan sekali kalah.

Statistik PSM tersebut adalah yang terbaik sepanjang gelaran kompetisi kasta tertinggi Indonesia sejak mulai menggunakan sistem Liga 1 pada 2017 lalu.

Pelatih PSM Bernardo Tavares mengaku bangga atas kerja keras yang diraih anak asuhnya. Meski kompetisi masih panjang, namun hasil di putaran pertama bisa menjadi modal berharga bagi skuadnya untuk menjaga kans juara.

Pasukan Ramang berpeluang besar untuk melanjutkan tren positif mereka di putaran kedua, apalagi kompetisi kembali dilanjutkan dengan sistem home away. Pasalnya, PSM memiliki rekor kandang yang sangat bagus saat tampil di Stadion Gelora BJ Habibi Parepare.

Suporter dan pencinta PSM Makassar pun mendapat kabar baik jelang bergulirnya putaran kedua Liga 1 musim ini. Stadion Gelora BJ Habibie dipastikan lolos verifikasi ulang, berdasarkan hasil penilaian Tim Risk Assessment Pengamanan Stadion Mabes Polri, Rabu (28/12/2022).

Verifikasi ulang tersebut imbas dari Tragedi Kanjuruhan, Malang, yang menelan 133 korban jiwa. Selain itu, liga juga tertunda hingga dua bulan lebih.

Liga dilanjutkan pada awal Desember. Sebanyak enam pekan pertandingan putaran pertama harus digelar secara bubble atau terpusat di DI Yogyakarta dan Jawa Barat.

Laporan: Wahyu Saputra