Jangan Panik! Ini 5 Langkah Sigap Hadapi Banjir

Arsip- Banjir di Jalan Nipa-nipa Makassar, Minggu (25/12/2022) - (foto by Dok CELEBESMEDIA)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Curah hujan tinggi mengguyur beberapa kabupaten di Sulsel sepekan terakhir. Bahkan 5 kabupaten di Sulsel dilanda banjir bandang dan longsor yakni Luwu, Enrekang, Sidrap, Wajo, dan Sinjai, Jumat (3/5).

Ribuan warga terdampak, rumah mereka tergenang banjir. Ada pula yang tertimbun. longsor. Tercatat hingga Sabtu (4/5), di Luwu 14 korban meninggal akibat bencana itu. Seorang lorban tewas juga ditemukan di  Sidrap. 

Tips Sigap Hadapi Banjir

 Saat terdampak banjir bandang, jangan panik. Mengutip laman Kementerian Kesehatan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan saat banjir.

Apabila terjadi banjir, segeralah evakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

Waspada terhadap arus bawah, saluran air, kubangan, dan tempat-tempat lain yang tergenang air.

Matikan semua jaringan listrik apabila ada instruksi dari pihak berwenang. Cabut alat-alat yang masih tersambung dengan listrik. Jangan menyentuh peralatan yang bermuatan listrik apabila Anda berdiri di atas/dalam air.

Jangan mengemudikan mobil di wilayah banjir. Apabila air mulai naik, abaikan mobil dan keluarlah ke tempat yang lebih tinggi.

Waspada saluran air atau tempat melintasnya air yang kemungkinan akan dilalui oleh arus yang deras karena kerap kali banjir bandang tiba tanpa peringatan.