Founder Insight Sinergi Talenta Berbagi Kiat Pengembangan SDM di CVBW

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Fauziah Zulfitri, Founder dan Director Insight Sinergi Talenta hadir dalam program Celebes Virtual Business Week (CVBW) 2022, Kamis (28/4/2022).

Fauziah Zulfitri akan berbagi kiat-kiat bagi perusahaan dalam meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM). Diantaranya, pentingnya perusahaan mengutamakan dan pengembangan SDM.

Ia menjelaskan beberapa tahun lalu, departemen yang mengurus karyawan disebut Human Resources atau karyawan itu adalah sumber daya.

"Jadi kalau kita jadikan karyawan sebagai sumber daya berarti kita harus eksploitasi mereka terus menerus. Nah sekarang sudah menjadi Human Capital, mereka dianggap sebagai aset dan sebuah modal sehingga bisa berkembang dan kembali ke organisasi (perusahaan)," ucapnya.

Perusahaan, kata Fauziah sering menganggap karyawan itu sebagai cost (biaya) padahal karyawan itu harusnya adalah investasi, padahal karyawan ini harus diberi pelatihan, dikembangkan, dimentorin dicoaching dikasi kesempatan untuk bertumbuh. "Supaya dia bisa berkontribusi pada organisasi (perusahaan) bukan cuman sekedar dikasi target tapi tidak diajari dan lain-lain," ujarnya.

Menurutnya mengapa hal itu penting bagi SDM karena semua yang menggerakkan organisasi adalah manusia jadi apapun jenis bisnisnya semua itu berfokus pada manusia, mau manufaktur mau digital, mau startup mau UMKM yang kerja semua manusia.

Manusia itu tidak sama dengan alat yang bisa diprogram kemudian dia langsung menghasilkan sesuai yang kita harapkan. Manusia itu kan dinamis sekali jadi mengelola manusia itu adalah hal yang sangat penting menjadi sebuah investasi dari organisasi supaya yang dikeluarkan oleh karyawan itu adalah kontribusi.

"Jadi dia bisa berkontribusi kepada organisasi. Sayangnya banyak perusahaan itu menganggap ini cost (biaya) jadi dia takut sekali training karyawannya, takut sekali mengelola development karyawannya," tuturnya.

Padahal sebenarnya, itu akan kembali dalam bentuk kontribusi karena SDM itu masuk dalam organisasi bukan hanya sekedar butuh uang tapi dia butuh dikembangkan butuh bantuan untuk mengeluarkan potensinya, dan dibimbing. Kalau itu tidak diterapkan maka kontribusinya tidak keluar.

"Itu mengapa SDM sangat penting jadi kunci dan kenapa saya tidak capek-capek sampaikan mulai dari klien saya dari UMKM sampai level korporasi saya, karena take care of a power people the will take care of power bisnis karena yang urusin bisnis kita yah manusia," terangnya.

Selain itu, perempuan yang memiliki paras cantik dan senyum yang menawan ini juga menjelaskan bagaimana pengembangan SDM yang dibutuhkan perusahaan.

Ia mengatakan saat ini kita telah bergerak menuju dunia digital jadi sekarang yang dibutuhkan adalah orang-orang yang bukan sekedar tahu menggunakan teknologi tapi orang-orang juga harus mengetahui teknologi ini akan menjadi alat yang bisa membantu mereka untuk berkontribusi terhadap organisasi, "Jadi melek teknologi itu penting sekali," bebernya.

Kemudian yang kedua, kemampuan kita punya visi yang baik, kemampuan kita untuk punya kompetensi sama kemampuan kita punya Attitude yang baik.

"Kalau ini tidak disiapkan oleh SDM maka yang terjadi itu pasti akan ketinggalan, jadi selain melek teknologi perusahaan juga harus meningkatkan kompetensi karyawannya," imbuhnya.

Bagaimana perusahaan bisa meningkatkan kompetensi karyawannya harus dikondisikan dengan kondisi bisnisnya apa yang dibutuhkan oleh bisnisnya, karena sekarang bisnis berubah terus menerus maka yang namanya pengembangan itu juga akan harus jadi sebuah model yang berkelanjutan.

"Istilahnya itu Continuous Improvement, jadi kalau perusahaan itu menjadikan karyawannya sebagai model maka dia harus memastikan bahwa proses Improvement berjalan bagus," tandasnya.

Laporan : Darsil Yahya