Relawan Kemanusiaan Buka Posko Pengungsi Wamena di Pelabuhan Makassar

Pengungsi kerusuhan Wamena, Papua, asal Sulawesi Selatan kembali tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Jumat (4/10/2019) - (foto by Ariani)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sejumlah pengungsi kerusuhan Wamena, Papua, asal Sulawesi Selatan kembali tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Jumat (4/10/2019). Para pengungsi ini tiba di Pelabuhan sekitar pukul 10.00 Wita dengan menumpangi KM Dempo setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih tujuh hari dari Papua.

Relawan tim kemanusiaan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT), bersama dengan tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menyambut kedatangan mereka.

Dekan FTI UMI, Zakir Sabara mengatakan seluruh tim relawan, baik dari ACT, Tim Bantuan Medis FTI UMI dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sulsel langsung menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan oleh para pengungsi.

“Para relawan sudah menyiapkan segala keperluan serta kebutuhan para pengungsi yang akan dijemput dan dievakuasi. Seperti makanan siap saji di setiap posko relawan dan menurunkan tim medis,” katanya.

Adapun jumlah tim medis yang diturunkan, lanjut Zakir, totalnya mencapai tiga puluh orang. Tak hanya itu selain posko kesehatan, tim relawan juga mendirikan dapur umum dan posko crisis center untuk membantu pengungsi yang mengalami trauma.

“Para pengungsi masih akan terus berdatangan di Makassar hingga besok, mengingat Wamena, Papua, saat ini belum kondusif untuk ditempati,” pungkasnya.