Pengungsi Wamena Terbanyak dari Toraja Utara yang Tiba di Makassar

Pengungsi Wamena tiba di Pelabuhan Makassar, Senin malam (14/10/2019) - (foto by Arbab)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebanyak 860 orang pengungsi kerusuhan wamena dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Senin malam (14/10/2019), dengan menggunakan kapal KM Sinabung.

Setelah turun dari kapal, pengungsi langsung menuju ke bus yang telah disediakan di depan dermaga dan dilakukan pendataan oleh petugas.

Sebanyak 860 orang pengungsi akan dipulangkan menggunakan bus dari pelabuhan menuju kampung halaman mereka masing-masing. Dari data yang dihimpun, pengungsi dari Makassar sebanyak 37 orang, Toraja Raya 84 orang, Toraja Utara 614 orang, Luwu Raya dan Timur 125 orang.

“Sekitar seribu pengungsi telah dipulangkan dari Wamena menggunakan jalur laut dengan menggunakan Kapal Dempo, Ciremai dan Sinabung. Malam ini merupakan pemberangkatan yang ketiga, sekaligus mengangkut pengungsi terbanyak dibandingkan pemberangkatan yang sebelumnya,” ungkap Kabid Lala, Operasi dan Otoritas Pelabuhan Makassar, Triono.

Ia menambahkan, dari Wamena, KM Sinabung sandar di dua pelabuhan yakni Pelabuhan Makassar dan Bitung. Sementata untuk jarak tempuh dari Wamena ke Makassar memerlukan waktu selama lima hari.