Ratusan Warga Berburu Sembako Murah di Benteng Somba Opu

Warga membeli sembako murah di Gelar Pangan Murah (GPM) Benteng Somba Opu Gowa,Rabu (9/2/2022) - (foto by: Ardi Jaho)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ratusan warga Makassar dan Gowa berburu minyak goreng dan bahan pokok lainnya yang dijual dengan harga murah di pasar murah Benteng Somba Opu Gowa, Rabu (9/2/2022). 

Dalam pasar murah ini, Dinas Ketahanan Pangan Sulsel sebagai penyelenggara menyiapkan ratusan liter minyak goreng yang dijual dengan harga Rp14.000 per liter.

"Mengingat saat ini terjadi fluktuasi atau kenaikan harga minyak goreng yang cukup tinggi maka dengan diadakannya Gelar Pangan Murah ini maka masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng yang murah dan berkualitas," Plt.Kepala dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan, Kemal Redindo Syahrul Putra.

Meski demikian khusus untuk minyak goreng, ia menjelaskan pembelian tiap orang tetap akan dibatasi. 

"Pemberian stok minyak dari vendor sangat terbatas, Bulog mensupport kita 500 liter sesuai aturan Permendag, setiap orang berhak untuk dua atau satu liter saja," lanjutnya.

Selain minyak goreng, dalam pasar murah tersebut juga dijual beberapa bahan pokok lainnya yakni; beras, telur, bawang merah, bawang putih, gula pasir, cabe rawit, ayam, serta komoditas pangan lainnya seperti sayuran dan aneka produk pangan olahan lokal yang dipasarkan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM).

Gelar Pangan Murah (GPM) 2022 ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan harga terjangkau dan berkualitas.

"GPM ini untuk mendekatkan dan mempermudah akses pangan ke masyarakat, serta memotong rantai distribusi pangan dari petani, peternak, distributor, supplier dan langsung disalurkan ke masyarakat sehingga harga yang diperoleh lebih murah dari harga pasar," tutup Plt. Kadis Ketahanan Pangan Sulsel.

(Laporan: Ardi Jaho)


Download aplikasi celebesmedia.id di Appstore dan Playstore.

Follow dan Add juga Sosial Media Celebesmedia.id di Instagram, Twitter, Facebook & Youtube.