Menteri PKP Puji Mal Pelayanan Publik Makassar, Dapat Nilai 8

Mendagri, Muhammad Tito Karnavian, dan Menteri PKP, Manuarar Sirait, memberi keterangan kepada pers terkait kunjungannya di Mal Pelayanan Publik Pemkot Makassar, Jalan Sultan Hasanuddin, Kamis siang (

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP), Maruarar Sirait, memuji langkah progresif Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam meningkatkan pelayanan publik, khususnya di sektor perumahan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Makassar pada Kamis siang (11/9) Maruarar memberikan nilai delapan untuk upaya Pemkot dalam mengimplementasikan pembebasan biaya BPHTB dan PBG bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Kami mengeluarkan kebijakan itu bulan November tahun 2024 dan saya tadi bersama Mendagri sudah melihat di dua konter BPHTB dan PBG betul-betul di situ sudah gratis buat MBR,” ungkap Maruarar saat diwawancarai awak media.

Didampingi oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, Maruarar memantau operasional sejumlah stan layanan di MPP Makassar. Ia menyebut kecepatan respons Pemkot Makassar dalam menyesuaikan kebijakan pusat sebagai langkah yang patut diapresiasi.

“Sehingga saya menilai kinerja dalam sektor perumahan dan membantu rakyat kecil, saya kasih nilai delapan di sini di Wali Kota,” tegasnya.

Pemkot Makassar dinilai cepat tanggap menyusul arahan kebijakan pemerintah pusat yang dikeluarkan November 2024. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar yang baru dilantik pada Februari 2025, langsung menindaklanjutinya dengan menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali) pada April 2025.

Meski memberikan nilai delapan, Maruarar berharap akan ada peningkatan dalam kunjungan selanjutnya.

“Saya berharap, kalau nanti saya datang lagi nilainya kalau boleh sembilan, lebih baik lagi, lebih cepat lagi melayani rakyat,” ujarnya menambahkan.

Maruarar juga menekankan bahwa langkah ini merupakan bagian dari komitmen Presiden Prabowo Subianto, yang menginstruksikan jajaran menteri untuk mempercepat dan menyederhanakan layanan publik, terutama bagi masyarakat kecil.

Dalam pantauan langsung CelebesMedia.id, kunjungan dua menteri ini meliputi pengecekan beberapa titik layanan, seperti stan Disdukcapil, ruang rapat kubikal, hingga loket pelayanan SKCK di Satuan Intelkam Polrestabes Makassar. 

Dua menteri tersebut juga berdialog langsung dengan petugas untuk menggali informasi terkait kendala di lapangan serta memastikan pelayanan berjalan sesuai arahan pusat.

Laporan: Rifki