Ketinggian Hilal di Makassar Lebih dari 5 Derjat, Memenuhi Kriteria MABIMS

CELEBESMEDIA.ID, Makassar -  Ketinggian hilal di Makassar berada pada angka lebih dari 5 derajat. Angka tersebut memenuhi kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Dalam Kriteria MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat.

Posisi hilal ini berdasarkan pemantauan hilal yang dilakukan Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel bersama BMKG Wilayah IV Makassar di Gedung Obervatorium Menara Iqra Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Selasa (9/4) sore.

Kepala Bidang Observasi BMKG Wil IV Makassar Jamroni menegaskan dengan angka tersebut berarti 1 Syawal 1445 H kemungkinan besar akan jatuh pada Rabu 10 April 2024.

"Ketinggian hilal 5 derajat lebih. Untuk kriteria semuanya, maksudnya dari segi tinggi derajat sudah terpenuhi," kata Jamroni kepada wartawan.

"Jadi nanti matahari terbenam di 18.04 kemudian bulannya terbenam di 18.32 Wita. 27 menit untuk masa pengamatan kita," lanjutnya.

Sementara berdasarkan data resmi yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel diketahui ketinggian hilal juga sudah memenuji kroteria MABIMS.

"Tinggi haqiqi hilal 6 derajat lebih. Sedangkan lihat hilal juga 6 derajat lebih. Matahari terbenam 18:05 WITA dan bulan terbenam 18:29 WITA," tulis keterangan resmi Kemenag Sulsel.

Meski demikian angka ini masih akan menjadi rujukan ke Kementerian Agama RI sebelum dilaksanakan sidang isbat penetuan 1 Syawal 1445 H.

Pemantauan hilal di Gedung Observatorium ini merupakan kali pertama. Pemantauan dilakukan  di atas 180 meter permukaan laut.