Banjir Perumnas Antang Surut, Warga Pilih Bertahan di Pengungsian

Korban banjir di Perumnas Antang mulai membersihkan rumah setelah air surut, Senin (20/2/2023) - (foto by Rusmawandi Rara)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar Banjir yang melanda Perumnas Antang Blok 8 Kecamatan Manggala Kota Makassar kini mulai surut, Senin (20/2/2023).

Dari pantaun CELEBESMEDIA.ID di lokasi, sebagian warga mulai membersihkan rumah setelah direndam banjir  setinggi hampir 2 meter selama sepekan.

Meski banjir surut, namun beberapa wraga tetap memilih bertahan di pengungsian. Mereka khawatir datangnya banjir susulan, terlebih BMKG masih memperdiksi Makassar masih akan diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat beberapa hari ke depan.

Iccank (57) salah satu korban banjir mengatakan masih memilih bertahan di lokasi pengungsian masjid Al Muttaqin hingga kondisi rumah sudah memungkinkan untuk dihuni kembal.

“Masih di pengungsian. Takutnya nanti banjir lagi. Tetapi semoga sudah tidak ada banjir susulan. Selain itu rumah masih dibersihkan,” ucap Iccank kepada CELEBESMEDIA.ID.

Iccank menuturkan, banjir yang melanda kali ini kali lima di akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023 ini.  

"Bulan November mulai tahun lalu (2022), lanjut lagi bulan 12 tanggal 24, sempat surut tanggal 27 dan tanggal 28 air naik kembali sampai sekarang mi," ungkapnya.

Karena bukan yang pertama, ia mengaku saat hujan lebat melanda Makassar pekan kemarin, ia sudha mulai mengungsikan barang-barang elektroniknya.

"Inikan bukan pertama kalinya kejadian, jadi barang barang berharga kita sudah amankan dan dilihat dari pergerakan kondisi air ke lingkungan kita," ungkapnya.

Selama di pengungsian, ia mengaku mendapatkan bantuan makan dan air bersih. Untuk kondisi saat ini, korban banjir juga lebih membutuhkan alat pembersih diantaranya sapu atau alat pel.

"Jadi, kalau untuk bantuan makanan jadi atau sebagainya saya rasa sudah cukup, yang dibutuhkan sekarang ini alat bersih bersih rumah pasca banjir," tutupnya.

Laporan :. Rusmawandi Rara