Dua Warga Tertimbun Longsor di Toraja Utara

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Longsor kembali terjadi di Toraja Utara. Kali ini di Jalan Poros Rantepao-Buntao, tepatnya di Salu Tembamba, Kelurahan Tallang Sura’, Kecamatan Buntao, Jumat (26/4/2024) pagi.

Kepala Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel menerangkan masih ada dua korban yang diduga tertimbun material longsor. Dalam pencarian korban, pihaknya telah berkoordinasi dengan potensi SAR baik itu dari TNI/Polri, pemerintah dan masyarakat.

“Longsor yang terjadi ini awalnya menutupi bahu jalan atau badan jalan, kemudian warga merasa aman dan mereka melewati jalur tersebut,” ujar Mexianus di Makassar, Jumat (26/4) siang.

“Ternyata ada lonsgor susulan yang menimpa warga yang meilntasi jalur tersebut sehingga korban tersebut ada 8 orang,” tambahnya.

Sudah ada enam korban yang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Elim Rantepao.

“Yang empat orang (korban) dari Rantebua, dua orang dari Buntao. Diduga masih ada dua orang yang tertimbun dan harus dilakukan pencarian,” tutup Mexianus.

Berdasarkan dari dari BPBD Toraja Utara, longsor pertama diduga terjadi pada Pukul 05.30 Wita dan longsor susulan pada 10.00 Wita.

Longsor tersebut diakibatkan curah hujan yang sangat tinggi dan menimpa sebagian rumah penduduk.

Sebelumnya, pada 13 April lalu, longsor juga terjadi di Desa Palangka (Pango-pango), Tana Toraja. Dalam bencana tersebut, 18 orang dilaporkan meninggal dunia akibat tertimbun material lonsgsor.