Jusuf Kalla Buka PSBM XXII, Dihadiri Pejabat dan Tokoh Nasional

Pembukaan PSBM XXII, Sabtu (14/5/2022) - (Foto by Fitri Khaerunnisa)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan 12, M Jusuf Kalla resmi membuka acara Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke XXII di Hotel Claro Makassar pada Sabtu (14/05/22) siang.

PSBM ke XXII ini digelar selama tiga hari sejak 13-15 Mei 2022 dengan mengusung tema Kolaborasi Saudagar Bugis Makassar untuk Indonesia Sejahtera setelah sebelumnya dilakukan secara virtual selama dua tahun berturut-turut akibat pandemi Covid-19.

Sejumlah tokoh nasional dan pejabat dari  berbagai daerah berdarah Bugis-Makassar hadir dalam acara tahunan tersebut, seperti mantan Menteri Pertanian Republik Indonesia, anggota DPR RI, Hakim Agung Republik Indonesia, Walikota Makassar, Walikota Pare-pare, Bupati Wajo, dan beberapa tokoh serta pejabat daerah lainnya.

Sebagai salah satu inisiator PSBM bersama Aksa Mahmud dan Alwi Hamu, Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan bahwa pejabat daerah memiliki peran penting dalam memajukan usaha daerah sehingga harus mendukung dan mendorong para pengusaha-pengusaha di daerahnya.

"Mudah-mudahan pertemuan ini memberikan semangat kepada kita saat pulang ke daerah masing-masing, khususnya pengusaha-pengusaha di Makassar. Bagaimana gubernur, bupati-bupati untuk mendorong semua pengusaha-pengusaha daerah. Insya Allah kita maju dengan semangat Bugis-Makassar," tegas Jusuf Kalla.

Kegiatan PSBM ke XXII ini juga dirangkaikan dengan acara halal bi halal, musyawarah kerja nasional Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) tahun 2022, expo UMKM, dan jalan santai KKSS yang akan dilaksanakan pada hari Minggu (15/05/22).

(Laporan: Fitri Khaerunnisa)