DLH Makassar: 19 Pohon Tumbang, 2 Mobil Rusak, 1 Motor

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar mendata sudah 19 pohon pohon tumbang di Makassar akibat cuaca ekstrem yang melanda Kota Makassar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar menegaskan bebebrapa pohon yang tumbang juga berada di jalan poros. 

" Sampai tadi malam ada 19 pohon tumbang berdasarkan data yang tercatat, ada yang di Perintis Kemerdekaan, Sudiang, Jalan Adyaksa, Jalan Kandea, CV Dewi Paropo, Jalan Sungai Tangka, dan beberapa lokasi lainnya," jelas Kepala DLH, Ferdi Mochtar, Selasa (16/1).

Hingga kini terkonfirmasi tak ada korban jiwa, namun sejumlah pohon tumbang tersebut menimpa bangunan hingga kendaraan roda empat dan dua.

Tercatat 3 pohon yang menimpa kendaraan di lokasi yang berbeda. 1 Pohon menimpa mobil di Jalan Perintis Kemerdekaan dan 1 di Jalan Yos Sudarso. Sebuah pohon tumbang juga menimpa kendaraan roda 2 di sekitar Tanjung Bunga.

Umumnya pohon yang tumbang kata  Kabid Persampahan, LB3 dan peningkatan kapasitas DLH Kota Makassar, Taufiq Djabbar, adalah jenis Kayu Jawa yang memang telah berusia puluhan tahun.

"Jenis pohon tumbang itu didominasi Pohon Kayu Jawa yang memang sudah tua, dan akarnya sudah tidak kuat lagi, sehingga mudah tumbang, " Jelas Taufiq Djabbar.

DLH Kota Makassar bekerja sama dengan, BPBD kota Makassar menurunkan 7 tim gabungan untuk mengevakuasi material pohon tumbang.

Taufik Djabbar mengatakan jumlah diperkirakan akan terus bertambah seiring cuaca ekstrem yang menerjang kota Makassar. 

Laporan : Riski