DMI Ajak Masyarakat Salat Istisqa Meminta Hujan

Ilustrasi - (Dok CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kemarau berkepanjangan yang mengakibatkan krisis air di ribuan wilayah di Indonesia, membuat Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengajak masyarakat untuk Salat Istisqa atau salat sunah untuk meminta diturunkannya hujan.

Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Salat IstisqaDMI Pusat tertanggal 18 September 2023, yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla (JK).

Dalam surat edaran tersebut, DMI mengajak masyakarat untuk Salat Istisqa’ akibat kekeringan dan krisis air di 6326 wilayah Indonesia, bahkan telah menyebabkan korban jiwa yakni 6 warga di Distrik Agandugume dan Lambewi di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, akhir Juli silam.

Selain itu kemarau panjang ini juga mengakibatkan sejumlah petani mengalami gagal panen, ancaman kelaparan dan kemiskinan mengancam warga saat ini.

“Pimpinan DMI di tingkat Wilayah, Daerah, Cabang, dan Ranting bersama-sama DKM/Takmir Masjid seluruh Indonesia kiranya dapat melakukan Shalat Istisqa’ pada bulan September 2023, baik dilaksanakan di lapangan maupun di halaman-halaman Masjid yang luas,”

“Agar khatib shalat Istisqa’ mengajak umat Islam bertaubat (meminta ampun atas segala dosa), memperbanyak istighfar, dan berdoa sungguh-sungguh semoga Allah SWT mengabulkan apa yang menjadi kebutuhan umat Islam dan seluruh bangsa ini,” bunyi surat edaran tersebut.

Seperti diketahui, hampir di seluruh wilayah Indonesia dilanda kekeringan akibat kemarau berkepanjangan. Tak terkecuali di Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 8 Kecamatan di Makassar terdampak kekeringan akibat fenomena El Nino. Warga di 8 kecamatan tersebut pun kini mengalami darurat air bersih.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mencatat kecamatan yang masuk radar darurat air bersih yakni Tamalanrea, Ujung Tanah, Biringkanaya, Bontoala, Panakkukang, Tallo, Manggala, dan Makassar.

Kepala BPBD Makassar, Ahmad Hendra menegaskan melihat kondisi El Nino yang belum juga usai kemungkinan besar wilayah terdampak kekeringan masih akan bertambah.

"Kita sangat bergantung terhadap cuaca, apalagi hari ini fenomena El Nino belum berakhir sehingga potensi bertambahnya wilayah yang terdampak kekeringan bisa terjadi," ucapnya, Selasa (19/9).

Kepala BPBD Makassar juga mengatakan 4 Agustus lalu, beberapa kecamatan di Kota Makassar ditetapkan sebagai wilayah darurat air bersih.

Surat edaran DMI soal Salat Istisqa' - (ist)