Pemerhati Media Harap Wartawan Tetap Harus Integtritas

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pemerhati Media, Sukriansyah S. Latief, meminta kepada wartawan agar bekerja sesuai fungsinya. Salah satunya mengawasi kinerja legislatif dan eksekutif.

Menurutnya, wartawan tidak boleh ikut ambil bagian dalam kegiatan  yang dilakukan legislatif dan eksekutif dengan tujuan melaksanakan sesuatu yang bukan wewenangnya.

"Tugas wartawan mengawasi DPRD dan eksekutif jelas, kalau misalnya wartawannya ikut bersama-sama rapat  dan ikut untuk melaksanakan sesuatu. Terus siapa yang diawasi? mengawasi dirinya?, wartawan tidak boleh bersama-sama di situ karena dia bertugas untuk mengawasi eksekutif dan legislatif," ucapnya sebagai narasumber diskusi Publik "Sinergitas Media dan Legislatif" di Hotel Claro Makassar, Senin (20/2/2023).

Sehingga pria yang juga merupakan jurnalis senior ini mengatakan wartawan  harus punya integritas.

"Kalau itu tidak ada (integritas) yah selesai wartawannya. Jadi sinergitas itu kita kembalikan bahwa kita punya tujuan sama tetapi fungsi kita masing-masing itu berbeda jangan kita bekerja sama-sama memutuskan bersama-sama," bebernya.

Lebih lanjut dikatakan, jika tidak ada yang mengawasi satu sama lain maka tidak ada kontrol yang terjadi dalam pemerintahan. Misalnya soal banjir di Jalan Poros AP Pettarani.

"Apakah ada anggota DPRD yang berteriak keras kepada eksekutif, mana eksekutif? sebagai legislatif saya dibayar oleh rakyat mana itu itu eksutif kenapa bisa banjir terus, itu eksetutif mengawasi. Bagaimana sepanjang Jl Pettarani dimana itu gorong-gorongnya seberapa besar elevasinya bagaimana? Tugas legislatif di situ," tuturnya

Wartawan juga harus menjalankan fungsi pengawasan. Baik wartawan dna legislatif harus benar-benar memahami fungsi masing-masing.

"Ini harus jelas fungsi tugas masing-masing maka disitulah baru pemerintahan bisa jalan ada eksekutif adalah legistatif ada pilar keempat ada wartawan. Jangan sama-sama bersatu," ungkapnya.

"Jika eksekutif, legislatif dan wartawan ikut lagi karena dibiayai dan macam-macam. Hancurlah negara ini kalau begini, jadi kita kembalikan kepada fungsi masing-masing bahwa wartawan harus mengawasi keseluruhan pemerintahan," tandasnya.

Laporan : Darsil Yahya