Longwis Houston Dulunya Kumuh, Sekarang Tertata Apik

Longwis Houston Makassar - (foto Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Siapa sangka jika Lorong Wisata (Longwis) Houston merupakan lokasi kumuh yang disulap menjadi tempat indah.

Lorong yang berada di Jl Tanjung Lereh RT 03, RW 06, Kelurahan Sambung Jawa, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar ini, kini sudah menjadi salah satu lorong wisata yang dicanangkan Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

"Lorong ini sebelum jadi Lorong Wisata (Longwis) Houston adalah lorong yang tidak terawat atau bisa dikatakan kumuh," kata Lurah Sambung Jawa, Ince Kumala kepada CELEBESMEDIA.ID Selasa (1/11/2022).


(Lurah Sambung Jawa, Ince Kumala - foto by Darsil Yahya) 

Ince Kumala menjelaskan pemberian nama Houston karena terinspirasi dengan nama kota terbesar keempat di Amerika Serikat dan kota terbesar di negara bagian Texas yakni Kota Houston.

Ia juga mengatakan diberi nama Houston karena rekomendasi dari Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto agar masyarkat bisa merasakan sama seperti kota yang ada Houston. 

"Adanya program ini kita mencoba bersinergi bersama masyarakat yang ada di lorong ini dan alhamdulillah warga betul-betul kompak. Setiap kegiatan yang dilaksanankan di Kelurahan Sambung Jawa, khususnya di lorong ini," ujarnya.

Ince menambahkan salah satu perubahan mencolok dari lorong ini yakni jalanan yang dulunya berupa tanah sekarang sudah dipasangkan paving blok. Setelah dipasangkan paving blok kemudian di cat sehingga terlihat indah.

Longwis ini juga sangat bersih dan indah dengan berbagai mural. Ada mural air terjun dan perahu phinisi.

Ada juga berbagai jenis tanaman. Namun tanaman hias sebenarnya sudah ada dari dulu, hanya ditambahkan saja tanaman obat herbal dan tanaman hidroponik seperti selada, sawi pakcoy dan sayur kangkung.

"Untuk tanaman hidroponik kebetulan kita sudah 2 kali panen dan sekarang kita mulai lagi untuk menanam," bebernya.

Tak hanya itu, Ince menuturkan di Longwis Houston ada 3 jenis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). UMKM Cenning Longwis Houston yang menjual kacang Dmdisko, langkoseng atau jagung goreng, sanggara Blbalanda, kue kering. Ada juga UMKM Fashion dan UMKM Kuliner Cendana Makanan yang menjual kue basah, bolu peca, barongko dan nasi kuning. Selain itu ada juga kerajinan tangan dari Eceng Gondok

"Harapan saya sebagai lurah kami mengharapkan warga dari Longwis Houston ini bisa menjaga kebersihan dan meningkatkan pendapatan masyarakat yang ada di lorong. Karena kita tahu bersama inflasi yang berkaitan dengan pangan kita perlu memberdayakan UMKM sehingga masyarakat bisa menikmati hasil dari lorongnya sendiri," tutupnya.

Laporan: Darsil Yahya