Mantan Menteri Pertanian Lunasi Utang IRT Bunuh Diri di Pinrang

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Tragedi bunuh diri seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) di Pinrang menuai sorotan banyak orang. 

Peristiwa pilu ini semakin menyayat hati sebab sebelum meninggal IRT tersebut meminumkan racun kepada dua anaknya semakin menyita perhatian publik. Salah satunya Mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman.

Amran yang juga Founder Tiran Group dan ASS Foundation membantu keluarga Abd Samad (39), suami dari B (37) IRT yang gantung diri di Kecamatan Tiroang, Kabupaten Pinrang.

Ia membantu pelunasan utang mendiang istri Abd Samad yang dipinjam secara pribadi untuk membayar utang di salah satu bank milik pemerintah nilainya sebesar Rp26 Juta. 

"Kita meringankan beban Almarhumah, tadi ada beberapa utang yang ditinggalkan yang langsung kita selesaikan semua (lunasi)," kata 

Andi Amran Sulaiman kepada media di AAS Building, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (22/9/2022). 

Tak hanya itu, AAS juga meringankan utang kredit mediang Almarhum B di bank plat merah selama setahun sebesar Rp18 juta dari total kredit Rp200 juta. 

"Kemudian kita ringankan juga utang angsuran 1 tahun di bank, cicilannya kita bayar," ujarnya. 

Menteri Pertanian Republik Indonesia periode 2014–2019 mengatakan tak membayar lunas kredit mediang istri Abd Samad, sebab Abd Samad diyakini masih mampu membayar utang tersebut. 

"Suaminya masih kuat. Harus kerja keras. Sebenarnya utangnya di bank bisa saya lunasi. Tapi ini hikmahnya, semua harus saling peduli. Bapak harus kerja keras. Besarkan anak-anak dengan baik," kata AAS. 

Tak hanya itu, AAS juga memberikan 5 ekor kambing serta beasiswa kepada kedua anak korban yakni Muh Nabil (16) dan Putri Nabila (13). Bahkan keduanya juga siap diterima bekerja di perusahaan milik AAS jika selesai mengenyam pendidikan. 

"Tadi kita kasi beasiswa juga, uang saku supaya bisa sekolah dan setelah selesai nanti kalau dia mau langsung kerja kami akan terima di perusahaan ini, anaknya saya lihat baik InsyaAllah saya yakin masa depannya bagus," tandasnya. 

Sementara, Abd Samad mengaku bersyukur dan berterimakasih kepada AAS yang dengan ikhlas membantu melunasi dan meringankan beban utang mendiang sang istri. 

"Saya ucapkan banyak terimakasih dan kepada bapak H Andi Amran Sulaiman. Saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih atas bantuannya sama saya dan kedua anak saya," ucapnya. 

Dalam pertemuan tersebut turut hadir juga pemerintah Kabupaten Pinrang diantaranya Camat Tiroang

 A. Ansaruddin, Lurah Fakkie Kecamatan Tiroang Y.M. Muhammad Anwar, Kasi Pemerintahan Kelurahan Fakkie Kecematan Tiroang, Hasdar serta mantan Pj Walikota Makassar Yusran Jusuf dan perwakilan bank plat merah. 

Laporan: Darsil Yahya