Tingkatkan Minat Baca Anak, Longwis Rouen Siapkan Teras Baca

Suasana di Teras Baca Longwis Rouen - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar Lorong Wisata (Longwis) Rouen yang berada di Jl Bahagia 2 Kelurahan Sudiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar tak hanya indah dan enak dipandang mata.

Lorong wisata ini juga menyiapkan wadah atau fasilitas membaca bagi anak-anak yang berada di longwis tersebut. Namanya Teras Baca.

Meski hanya memanfaatkan teras rumah warga. Namun teras baca ini dinilai mampu meningkatkan minat baca anak di Longwis Rouen.

"Biasanya mereka berkumpul dan belajar di teras baca habis salat Magrib. Mereka belajar dan membaca bersama di sana. Ketika ada PRnya kami bersama orangtuanya ikut membantu juga," ucap salah satu warga bernama Zulfikar kepada CELEBESMEEDIA.ID, Rabu (26/10/2022).

Zulfikar juga berharap dengan adanya teras baca ini gairah baca anak-anak di Longwis Rouen semakin bertambah utamanya berada di tengah gempuran modernisasi di era yang serba digital.

"Kita tahu di era 4.0 sekarang ini anak-anak kita mungkin banyak terpengaruh penggunaan handphone dan game online makanya kami mencoba untuk membuat teras baca ini dengan harapan menumbuhkan kembali minat baca anak-anak kita di lorong. Itu yang jadi harapan kami sebenarnya," ujarnya.

Tak hanya itu, Zul mengaku teras baca Longwis Rouen ini menjadi tempat berkumpul anak-anak saat pulang dari sekolah.

"Biasanya anak-anak berkeliaran tidak jelas. Dengan adanya teras baca ini anak-anak kami sudah jarang lagi berkeliaran tidak jelas karena sudah ada wadahnya. Minimal ada tempat berkumpulnya," sebutnya.

Meski demikian, pria yang akrab disapa Zul ini berharap koleksi buku yang ada di teras baca Longwis Rouen bisa bertambah. Sebab saat ini jumlahnya masih sangat terbatas.

"Kami juga berharap ada bantuan dari pemerintah berupa tambahan atau koleksi buku biar gairah anak-anak kita makin besar lagi karena saat ini buku yang ada sangat terbatas jumlahnya," tutupnya.

Laporan : Darsil Yahya