Kejar Target PAD Makassar, Disparekraf Genjot Wisata Bahari

Kadis Parekraf Makassar, Muhammad Roem - (foto by Ardi Jaho)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadis parekraf) Kota Makassar, Muhammad Roem mengungkapkan saat ini Disparekraf sedang menggenjot program unggulan untuk mengejar capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Ia menyebut di penghujung triwulan terakhir tahun 2022, Disparekraf Kota Makassar telah menjalankan beberapa program dalam pengembangan destinasi wisata, salah satu membenahi wsiata bahari di Makassar.

"Membantu kelompok sadar wisata zona pantai dalam menggaet daya tarik wisata bahari. Kami memberikan pelatihan dan beberapa bantuan bimtek, payung pantai. Terus di kawasan wisata pantai juga kami memberikan tempat sampah dan menara pantau untuk memantau para pengunjung yang ada di wisata pantai," pungkasnya, Rabu (30/11/2022).

Tidak hanya itu, Disparekraf Kota Makassar juga melakukan pengembangan ekonomi kreatif dengan berkerjasama sejumlah dinas terkait untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Kami bersama dinas kebudayaan dan Dispora Makassar untuk menyelenggarakan kurang lebih 50 event di kota Makassar, terus mengembangkan kapasitas SDM pariwisata, kami juga melakukan pelatihan seperti pelatihan tour guide, juga pelatihan pembuatan minuman bagi UMKM, pelatihan tingkat dasar bagi mahasiswa, anak sekolah dan para guru," tuturnya.

Berdasarkan data Bappeda hingga November 2022 telah mencapai Rp1,05 triliun atau sekitar 78 persen dari target Rp1,3 triliun.

Kontribusi dana terbesar dalam PAD tahun 2022 berasal dari pajak restoran, pajak hotel, dan pajak hiburan.

Laporan: Ardi Jaho