Kasus Covid-19 Melandai, Dinkes Makassar Ingatkan Tetap Terapkan Prokes

Kadinkes Makassar, Nursaidah Sirajuddin dalam prpgram Blak-blakan Seru - (foto by Rini)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin mengakui jika kasus Covid-19 di Makassar saat ini sudah melandai. 

Total jumlah pasien yang masih dalam perawatan sejak masuknya Covid-19 ke Makassar hingga hari ini, Selasa (21/6/2022) sebanyak 144 orang. Namun kasus harian sudah melandai.

"Kasus harian (Covid-19) per hari kadang tidak ada, kadang 1 orang. Per pekan kurang dari sekitar 10 orang," jelas dr Nursaidah dalam Blak-blakan Seru Celebes Radio, Senin sore (21/6/2022).

Meski demikian ia tetap mengingatkan penerapan protokol kesehatan jangan kendor, terlebih saat ini ada varian Omicron baru yakni BA.4 dan BA.5.

"Varian baru Omicron BA.4 dan BA.5 memang belum ada di Makassar. Namun Penyebarannya juga cepat tapi tingkat kematiannya rendah. Karenanya protok kesehatan harus terus diterapkan," ucapnya. 

"Kita berharap PPKM level 1 kita pertahankan di Kota Makassar," lanjutnya.

Sementara itu, persentase cakupan vaksinasi di Makassar untum dosis 1 dan 2 sudah cukup besar. Nursaidah mengatakan hanya vaksinasi dosis ketiga yang perlu digenjot.

"Vaksinasi dosis 1 sudah lebih dari 96 persen. Vaksinasi dosis kedua mencapai 76 persen. Hanya vaksinasi booster atau dosis ketiga yang baru 18 persen. InsyaAllah Juli nanti ditarget dosis ketiga mencapai 50 persen," tutupnya.