Setelah Gagal, Proyek Stadion Mattoanging Ditenderkan Lagi

Desain Satdion Mattoanging - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Setelah gagal pada tahap awal karena kurang peminat dan peserta yang mendaftar tidak memenuhi syarat, tender proyek pembangunan kembali Stadion Mattoanging dibuka lagi. 

"Makanya kita lakukan lagi tahap kedua. Itu biasa kalau tender gagal. Dan memang ada aturannya seperti itu,” ujar Plt Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Sulsel, Asrul Sani, Rabu (2/1/2022) di Makassar. 

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sulsel telah menayangkan pengumuman lelang tender tahap II (kedua) proyek pembangunan sarana dan prasarana Olahraga Mattoanging senilai  Rp66.2 miliar. Anggaran tersebut hanya untuk pembangunan lapangan dan lintasan atletik. 

Penayangan lelang tahap kedua ini dilakukan per 31 Januari 2022. “Penayangan atau pengumuman ini akan berlangsung selama satu pekan,” ujar Asrul. 

Hingga berita ini dibuat, peserta pendaftar sudah ada sekitar 26 peserta di laman tersebut.

Pembangunan Stadion Mattoanging yang dibongkar pada 2020 itu, tertunda setahun lebih karena anggarannya tidak dialokasikan dalam APBD Perubahan Sulsel Tahun 2021.

Sebelumnya pembangunan Stadion Mattoanging bisa dilanjutkan dengan menggunakan bantuan keuangan daerah bersumber pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Namun, dengan kebijakan Plt Gubernur Sulsel, hal itu urung dilakukan karena kondisi keuangan daerah tidak memadai.

Skema pinjaman dari PEN, seperti diberitakan Antara pada Selasa (14/9), awalnya Rp1,1 triliun lebih, dari total anggaran pinjaman estimasi Rp1,3  triliun lebih, termasuk di dalamnya ultimate desain bangunan stadion berstandar FIFA dengan kapasitas 40 ribu penonton.

Meskipun pinjaman Rp1,1 triliun lebih itu sudah terpenuhi, namun belum terjamin bangunan stadion jadi 100 persen, sehingga dibatalkan, kemudian diajukan ke APBD murni tahun 2022.

Setelah perubahan desain dilakukan sesuai standar FIFA dengan kapasitas 20 ribu penonton, Pemprov Sulsel mengusulkan anggaran Rp70 miliar dalam ABPD 2022 untuk pembangunan tahap pertama pada bagian lapangan dan lintasan atletik.

Pembiayaan pembangunan Stadion Mattoanging akan dianggarkan setiap tahun. Proyek yang diperkirakan rampung pada 2023 itu, membutuhkan anggaran sebesar Rp300 miliar.