Dukung PEN, OJK Gelar Sarasehan Industri Keuangan Syariah di Makassar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar sarasehan industri jasa keuangan yang membahas industri keuangan syariah dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Sarasehan bertajuk Peran Industri Keuangan Syariah dalam mendukung PEN dan pemberdayaan UMKM di Sulawesi Selatan itu berlangsung pada Sabtu (1/5/2021) di Lotus Balroom Four Foint By Sheraton. 

Acara yang dipandu Jurnalis Senior, Andi Suruji, menghadirkan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara.

Selain itu, adapula Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Wakil Direktur Utama 1 PT Bank Syariah Indonesia Tbk. Ngatari sebagai narasumber.

Kepala OJK Kantor Regional 6, Moh. Nurdin Subandi yang membuka acara tersebut menjelaskan bahwa perekonomian di Sulawesi Selatan cukup terpukul dengan adanya pandemi Covid-19. 

Koreksi terbesar terjadi pada kuartal II/2020, di mana perekonomian -3,86 persen.

Meski demikian, kondisi perekonomian terus mengalami perbaikan hingga pada kuartal IV/2020 menjadi -0,62 persen. 

Kondisi itu lebih tinggi dibandingkan capaian pertumbuhan ekonomi nasional yang terkoreksi lebih dalam.

Nurdin menjabarkan bahwa kinerja perbankan di Sulawesi Selatan pun tercatat stabil, sehingga siap mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN). 

Menurutnya, aset dan pembiayaan di perbankan Sulawesi Selatan tumbuh masing-masing di angka 10,19 persen dan 11,7 persen.

"Melalui pertumbuhan ini diharapkan dapat mendukung perekonomian, memacu pertumbuhan dengan insight dari para narasumber, tokoh, dan pakar perekonomian nasional," ujar Nurdin pada Sabtu (1/5).