Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Natal, Tim Satgas Pangan Sidak ke Pasar Pa’baeng-baeng

Kapolda Sulsel, Irjenpol Umar Septono, bersama tim Satgas Pangan melakukan sidak harga kebutuhan di Pasar Pa'baeng-baeng, Selasa (18/12/2018)/ foto: Teti

CELEBESMEDIA.ID, Makassar –  Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel, Irjen Pol Umar Septono, turun langsung mengecek harga pangan di pasar tradisional Pa’baeng baeng Makassar, Selasa (18/12/2018) pagi. Kapolda bersama dengan tim satgas pangan yakni Dinas Perdagangan, Bulog, dan pihak perbankan mendatangi satu persatu kios pangan, mulai dari kios daging, beras, telur, dan sayuran.

“Sidak yang dilakukan ini untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kenaikan harga menjelang Natal dan tahun baru,” kata Umar.

Dari hasil pantauan ini, tim satgas pangan tidak mendapati adanya kenaikan harga. Sejumlah bahan pangan dijual relatif normal dan berada di bawah harga eceran tertinggi atau HET.

Untuk beras jenis medium dijual seharga Rp 9.000 perkilo, beras premium jual Rp 12 ribu perkilo, daging Rp 90 ribu perkilo, gula Rp 12 ribu per kilogram, minyak goreng curah Rp 9.000 per liter, dan minyak goreng kemasan sederhana Rp 11 ribu.

Sejauh ini, tim satgas pangan juga belum menemukan adanya permainan atau penimbunan barang oleh pedagang. “Kami akan terus melakukan pengawasan setiap harinya ke seluruh pasar tradisional maupun modern,” tambah Umar Septono.

Umar Septono menambahkan, apabila ditemukan pedagang melakukan kecurangan akan ditindak tegas dengan pemberian  sanksi. Hal ini diatur sesuai dengan Undang Undang Pangan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.