Longwis Houston Dongkrak Ekonomi Pelaku UMKM

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Erniwati Ranti salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Cenning mengaku sangat bersyukur dengan adanya program Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yakni Lorong Wisata (Longwis) di tempat tinggalnya.

Hal itu diungkapkan Erniwati Ranti kepada CELEBEMEDIA.ID saat ditemui di Longwis Houston di Jalan Tanjung Lereh RT 03, RW 06, Kelurahan Sambung Jawa, Kecamatan Mamajang, Selasa (1/11/2022).

"Alhamdulillah sebenarnya kita ini betul-betul bersyukur dengan adanya Longwis karena kita warga yang memiliki usaha harus bersaing (dengan UMKM lainnya) tapi dengan adanya Longwis ini, bertambah lagi pendapatan," katanya.

Perempuan yang sehari-hari berjualan Kacang Disko, Langkoseng dan Sanggara Balanda ini mengaku sebelum adanya Longwis, perhari jualannya hanya laku sekitar 5 bungkus. Tapi setelah ada Longwis jualannya bisa laku hingga 40 bungkus per hari.

"Satu bungkus jualan saya kan Rp5 ribu. Sebelum ada Longwis tiap hari kadang hanya dapat Rp25 ribu (laku 5 bungkus) bahkan kadang tidak ada laku. Tapi setelah ada Longwis kita semangat lagi karena perhari biasa dapat Rp200 ribu (laku 40 bungkus)," ungkapnya.

Erni mengaku peningkatan pendapatan itu dikarenakan banyak kunjungan dari OPD Kota Makassar yang sering melakukan rapat di Longwis Houston.

"Apalagi ada informasi kalau Pak Walikota (Moh Ramdhan Pomanto) mau mengadakan rapat koordinasi di Longwis jadi bertambah lagi pendalatan karena kemarin sudah ada yang berkunjung dari Perumda PDAM dan langsung jualan kita diborong. Tadinya kita tidak dapat uang sebanyak itu, tapi adanya Longwis kita ini sebagai pelaku UMKM tambah semangat untuk jualan karena jualan kita selalu laris manis," bebernya.

"Ketimbang kita hanya menunggu pembeli yang kadang tiap hari laku hanya 5 bungkus sebelum ada Longwis. Tapi setelah ada Longwis semakin banyak yang laku," sambungnya.

Ditambah lagi, kata Erni, ia dan pelaku UMKM lain di Longwis Houston dibina dan diberi pelatihan agar produknya lebih bagus lagi sehingga banyak yang membeli.

"Semoga dengan ilmu dan bekal yang diberikan bisa kita bisa tampilkan produk yang lebih baik walaupun cuman skala lorong. Jadi skala lorong tapi produk kita bisa bersaing di luar," tukasnya.

Olehnya itu, dirinya sangat berharap program seperti ini terus berlanjut. Meskipun bukan lagi Danny Pomanto yang jadi Walikota Makassar.

"Kedepan saya berharap program ini bisa berlanjut terus walaupun meskipun yang pimpin Makassar sudah berganti karena dengan adanya Longwis ini kita sangat terbantu," tutupnya.

Selain UMKM Cenning Longwis Houston yang menjual kacang disko, langkoseng, sanggara balanda, kue kering, ada juga UMKM Fashion dan UMKM Kuliner Cendana Makanan yang menjual kue basah, bolu peca, barongko dan nasi kuning. Bahkan ada juga kerajinan eceng gondok.

Laporan: Darsil Yahya