6 Tips Pola Hidup Sehat Agar Tidak Mudah Sakit

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Hidup sehat menjadi dambaan semua orang. Namun hal itu tidak mungkin tercapai jika tidak dibarengi dengan usaha mewujudkannya. 

Hidup sehat ternyata tidak cukup hanya dengan berolahraga. Mengatur porsi makan hingga melakukan kebiasaan sehat juga menjadi kunci agar hidup tetap sehat.

Berikut ini 6 tips hidup sehat menurut Kementerian Kesehatan yang dikutip dari laman resminya, Minggu (11/2).

1. Jaga porsi makan

Makan makanan yang bergizi seperti makan sayur dan buah sebanyak 400 gram/5 porsi dalam sehari

2. Rutin olahraga

Rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari atau 150 menit/minggu.

3. Stop merokok atau menghindari residu rokok

Selain penyakit kanker, terdapat beberapa dampak buruk lainnya yang mungkin terjadi kepada para perokok aktif maupun pasif, di antaranya adalah: Penyakit paru-paru kronis. Merusak gigi dan menyebabkan bau mulut. Menyebabkan stroke dan serangan jantung.

4. Stop mengkonsumsi alkohol

Terlalu banyak konsumsi alkohol sendiri dapat menurunkan kemampuan berpikir dan gangguan perilaku. Jika konsumsi berlebihan, bisa menyebabkan seseorang hilang kesadaran, kejang, hingga meninggal dunia.

5. Jaga berat badan agar tetap ideal.

Manfaat menjaga berat badan adalah dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, dan berbagai jenis kanker.

6. Cek kesehatan

Melakukan cek tekanan darah, gula darah dan Indek Masa Tubuh secara berkala. Hal ini penting dilakukan untum mengetahui kondisi kesehatan Anda.

Cobalah mengaplikasikan 6 tips tersebut dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadikan hidup Anda lebih sehat.