4 Makanan Khas Makassar Jadi Takjil Populer di Indonesia

Es pisang Ijo - (foto by Cookpad)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kota Makassar dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang menjadi surga bagi para penikmat kuliner. Karena selain makanan beratnya yang kaya rempah, kue tradisionalnya juga terkenal enak.

Bahkan ada beberapa kue khas Makassar yang terkenal di Indonesia bahkan menjadi takjil populer untuk berbuka puasa.

1.  Pallu Butung


Pallu butung  merupakan salah satu olahan pisang yang sangat cocok jadi menu buka puasa. 

Kudapan ini adalah makanan khas Sulawesi Selatan yang mirip dengan Pisang Ijo. Pallu Butung terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, vanili dan garam yang kemudian sampai matang dan kental.

Untuk menambah rasa manis, biasanya ditambahkan sirup pisang ambon di atasnya. 


2. Es Pisang Ijo


Selain es pallu butung, takjil favorit lainnya yakni es pisang ijo. Popularitas Pisang Ijo tentu sudah tak diragukan lagi. Anda bahkan dapat menemukan makanan berbahan pisang ini di hampir seluruh wilayah Tanah Air.

Berbahan dasar pisang yang kemudian dilapisi dengan lapisan dadar hijau, rasanya makin nikmat dengan siraman saus seperti bubur sumsum yang manis. Es Pisang Ijo paling enak disajikan saat dingin. Cocok jadi menu pembuka saat berbuka puasa.


3. Jalangkote


Jalangkote adalah makanan ringan yang merupakan kuliner khas Makassar. Sekilas bentuknya serupa dengan kue pastel. Bedanya kue pastel memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan jalangkote dan bila pastel dimakan bersama cabe rawit, jalangkote dimakan bersama sambal cair campuran cuka dan cabe.

Bagi Anda yang ingin mencoba makanan denga cita rasa asin untuk berbuka puasa, Jalangkote bisa menjadi pilihan. Makanan ini biasanya berisi irisan kentang, wortel, telur, tauge, bihun, daging sapi dan daging ayam. 


4. Pallu Golla


Pallu golla adalah nama lain dari kolak dalam Bahasa Makassar. Menu ini juga jadi  salah satu menu yang digemari saat berbuka puasa. 

Menariknya pallu golla ini dapat dibuat dari bahan dasar yang bermacam-macam. Bagi yang menyukai oisang dapat membuat pallu golla dari pisang  Namun ada juga yang terbuat dari labu ataupun ubi kayu.

Menu ini paling nikmat dicicipi saat masih hangat.