4 Tips Mengelola THR Agar Tak Cepat Habis

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebagian orang akan merasa lega saat telah mengantongi Tunjangan Hari Raya. Sederet keinginan pun tiba-tiba muncul yang akhir tanpa disadari THR yang dirasa banyak ternyata numpang lewat saja dan habis sia-sia sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Agar tidak amblas begitu saja, Anda perlu mengelola THR dengan bijak. Utamakan kebutuhan primer dulu kemudian lanjut pada pemenuhan kebutuhan sekunder. 

Mengutip laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berikut ini 4 tips cerdas mengelola THR agar tak habis sia-sia.

1. Sejak awal diterima, Anda sebaiknya menggunakan THR untuk mencicil/ melunasi utangmu. Membiarkan utang berlarut-larut hanya akan menambah beban finansialmu.

2. Segera sisihkan minimal 10% dari THR-mu untuk ditabung. Ingat bahwa keuanganmu bukan semata-mata dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hari ini, namun juga kebutuhan tak terduga dan kebutuhan masa depan. 

3. Gunakan THR yang tersisa untuk memenuhi kebutuhan pokok hari raya. Perhitungkan kebutuhan pokok hari raya jauh sebelum hari H. 

Bila perlu sebelum bulan Ramadhan datang, Anda bisa menyisihkan pendapatanmu setiap bulan untuk kebutuhan hari raya, sehingga THR-mu tidak habis hanya untuk kebutuhan tersebut.

4. Setelah itu, barulah Amda dapat menggunakan sisa dari THR-mu untuk keinginan memenuhi kebutuhan hari raya lainnya seperti membeli pakaian baru, memberi angpau untuk keluarga dan kerabat, membeli makanan dan kue lebaran.