Hilang Nafsu Makan? Bisa Jadi 5 Tanda Penyakit Ini

Ilustrasi - foto by pixabay

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Berkurangnya nafsu makan bisa menjadi tanda terjadinya gangguan kesehatan.

Hindustan Times melaporkan, ada beberapa penyakit yang bisa terindikasi dari hilangnya nafsu makan.

Melansir Antara, Dokter penyakit dalam Asian Hospital Faridabad Dr Rajesh Kumar Budhiraja mengungkapkan beberapa penyakit yang perlu diwaspadai saat nafsu makan berkurang.

1. Tantangan gastrointestinal

Penurunan nafsu makan secara tiba-tiba mungkin disebabkan oleh masalah pencernaan.

Kondisi seperti penyakit radang usus (IBD), maag, dan tukak lambung dapat mempengaruhi saluran pencernaan sehingga menyebabkan nyeri dan berkurangnya nafsu makan.

2. Kerusakan tiroid

Tiroid yang kurang aktif, atau hipotiroidisme, dapat menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Peran penting kelenjar tiroid dalam mengatur metabolisme menyebabkan ketidakseimbangan dapat mengakibatkan berbagai gejala, termasuk hilangnya nafsu makan.

3. Kesejahteraan mental

Kesehatan mental berpengaruhi kesejahteraan fisik terlihat jelas, dengan kondisi seperti depresi, kecemasan, dan stres yang bermanifestasi dalam gejala fisik, termasuk berkurangnya nafsu makan.

4. Infeksi yang persisten

Infeksi jangka panjang, seperti TBC atau HIV/AIDS, juga dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Hal ini disebabkan respon imun tubuh terhadap infeksi ini dapat mengganggu fungsi normal sistem pencernaan, sehingga perlunya mengidentifikasi dan mengobati infeksi yang mendasarinya dengan segera.

5. Kanker

Hilangnya nafsu makan berkepanjangan juga bisa karena kanker yang mempengaruhi sistem pencernaan, seperti kanker lambung atau pankreas, mungkin muncul dengan berkurangnya minat terhadap makanan sebagai gejala awal.